7 Plugin Pilihan: Ubah WordPress Menjadi Aplikasi Mobile

mobapper_wordpress_mobile

Trend web berubah dari tahun ke tahun,  dan mungkin akan ada perubahan signifikan di tahun 2016 ini dan berdasar studi akhir-ahir ini, jumlah pengunjung dari device mobile meningkat menjadi 60% dari semua trafik yang diterima internet. Dunia web terus berkembang mengarah ke portabilitas dan kemungkinan junlah trafik menuju website sebagian besar akan didominasi dari perangkat mobile.

Aplikasi mobile di tangan lain menyediakan layanan penghubung website dengan pengguna dimana kebutuhan berita yang tekustomisasi menggunakan browser. Juga, aplikasi mobile untuk website dapat meingkatkan pengaruh positif terhadap eksistensi dari website tersebut, baik dari produk atau layanan yang mereka berikan.

Walaupun kita semua tahu, pentingnya aplikasi mobile dan pengaruhnya kepada pengguna, kita tentu tidak ingin menghabiskan ratusan hingga jutaan rupiah untuk membuat sebuah aplikasi dari website kita.

Berita baiknya, ada banyak plugin yang dapat digunakan untuk mengubah website menjadi aplikasi mobile. Dan kita dapat mengubah web dengan platform WordPress menjadi sebuah aplikasi mobile yang diinginan. Tidak perlu belajar koding atau framework yang rumit untuk membuat aplikasi mobile dengan berbagai platform seperti iOS, Android dan lainnya.

Cara yang biasa dilakukan untuk membangun sebuah aplikasi smartphone adalah menggunakan framework PhoneGap, dengan memadukan teknologi dasar seperti HTML5, CSS3 dan JavaScript untuk membangun aplikasi portabel Android, iOS dan Mac. PhoneGap bisa digunakan secara gratis, tapi tidak untuk iOS yang perlu melakukna pendaftaran akun untuk menampung aplikasi iOS.

1. AppPressor

wordpress aplikasi mobile plugin indoincome AppPresser

AppPressor termasuk aplikasi yang menduduki peringkat atas di WordPress market untuk mengkonversi semua website menjadi aplikasi mobile.

Memiliki versi mobile menjadikan nilai lebih dibanding website lainnya yang tidak menyediakan versi mobile. websit dapat berfokus pada niche, berita, majalah, blog ataupun e-commerce, dimana kemungkinnya tidak terbatas.

Harga layanan dari AppPressor cukup tinggi dibanding lainnya, dengan kebutuhan website sederhana mulai $199 dan untuk pengembangan lebih lanjut (advanced) sebesar $499. Untuk melihat harga secara lebih mendalam, silakan cek di halaman ini.

Detail lengkap AppPressor lihat di sini

2. Worona – A Native Mobile App free

wordpress aplikasi mobile plugin indoincome Worona

Jika kamu mencari solusi yang tidak memerlukan biaya, dapat menggunakan Worona. Wonora plugin dengan mudah dapat mengubah blog menjadi native aplikasi.

Biaya yang diperlukan hanya saat mempublikasikan aplikasi di IOS ataupun Android marketplace, dengan akun iOS sebesar $99/tahun dan Google Developer akun sebesar $25 sekali bayar. worona mendukung ektensi untuk meningkatkan fungsionalitas, seperti Notifikasi push, dan rate my app. Mendukung smartphone dan tablet baik Android ataupun sistem operasi iOS. Core Wonora app menggunakan Corona SDK, yang katanya sih populer digunakan untuk membuat aplikasi mobile.

Detail lengkap dan download Wonora

3. MobiCloud

wordpress aplikasi mobile plugin indoincome MobiCloud

MobiCloud termasuk plugin konverter aplikasi premium yang memungkinkan notifikasi push dan fitur native app lainnya. MobiCloud menyediakan tool untuk mengubah WordPress kedalam nativ app yang dapat berjalan dengan lembut pada perangkat Android dan iOS.

Harga layanan dimulai dari $69/bulan dengan fitur satu platform, dukungan email, dan lainnya. Paket lainnya yaitu paket premium untuk dukungan aplikasi profesional dengan biaya $99 per bulan. Paket profesional mendukung implementasi pada sistem iOS dan aplikasi Android

Detail lengkap MobiCloud

4. WiziApp

wordpress aplikasi mobile plugin indoincome WiziApp

WiziApp dapat digunakan secara free untuk mengubah ke bentuk aplikasi mobile HTML native Android dan iOS app dapat dibeli melalui website mereka. Plugin dapat mengubah WP menjadi mobile aplikasi tanpa harus melakukan koding. Yang menarik yaitu dukungan fitur lain seperi kustomisasi, navigasi animasi, cross mobile browser dan multi-menu.

Native Android app membutuhkan biaya sekitar $149 per tahun, sedangkan iPhone dan iOS app memerlukan biaya sekitar $300 per tahun.

Detail lengkap WiziApp

5. Mobile App Converter

wordpress aplikasi mobile plugin indoincome Mobile App Converter Plugin

Konverter lain untuk mengubah wordpress menjadi aplikasi mobile tanpa perlu melakukan pengetahuan bahasa pemrograman. Konversi dapat dilakukan secara instan dengan pra-syarat website yang akan dikonversi harus mendukung responsive. Plugin ini mendukung penyembunyian elemen dan aplikasi dapat dibuat secara instant, dan juga ada dukungan (support) ke plugin ini.

Detail lengkap dan Download

6. JoeMobi

wordpress aplikasi mobile plugin indoincome JoeMobi

JoeMobi adalah sebuag mobile app generator, yang dapat mengkonversi dalam hitungan menit, juga memberikan banyak pilihan kepada pengguna. Mendukung kustomisasi dan pilihan pratayang (preview) sebelum mempublish website kedala Android atau iOS mobile market.

Plugin dapat digunakan dengan mudah dengan navigasi yang mudah, seperti iPhone, Android dan Blackberry app generator. Menduung push notifikasi, built-in komenting dan analisis. JoeMobi termasuk plugin yang bagus untuk mereka yang inin memulai aplikasi mobile sesegera mungkin.

Detail Lengkap JoeMobi

7. MobApper

wordpress aplikasi mobile plugin indoincome mobapper

Tidak banyak perbedaan antara membuat website dan aplikasi mobile menggunakan plugin MobApper. Cukup buat website anda responsif, kemudian serahkan konversi ke plugin untuk mengubahnya menjadi aplikasi mobile tanpa waktu lama. Juga tidak diperlukan pemahanan bahasa pemrograman.

Dengan bantuan MobApper, plugin akan membuatkan anda aplikasi yang cocok untuk berbagai platform seperti iOS, Android, Blackberry dan Windows. Plugin yang sebelumnya dibahas (di atas) rata-rata tidak mendukung platform Windows, jadi jika anda menginginkan versi yang bisa digunakan pada platform windows, plugin ini cocok untuk and agunakan. Plugin ini juga menyediakan dukungan content delivery untuk akses offline.

Detail Lengkap MobApper

Simpulan WordPress Plugin Aplikasi Mobile:

Aplikasi mobile adalah masa depan, cepat, intuitif dan bernilai tambah untuk bisnis dan jika ingin bisnis lebih bersinar, membuat aplikasi mobile adalah pilihan yang tepat. AppPressor, Worona dan WiziApp bisa dibilang terbaik dari daftar di atas, tapi biarlah anda saya yang menentukan mana yang akan anda gunakan.

Jika ada kesalahan atau ada info lainnya, silakan berikan komentar di bawah dan terima kasih.

3 Comments
  1. rommi kaestria says

    makasih ya info nya sangat berguna sekali

    rommikaestria.com

    1. Eko SP says

      sama-sama, mungkin klo ada masukan, boleh lho disampaikan

  2. Asep Solihin says

    Makasih informasinya sangat berguna sekali, kalau yg publish app nya free dimana ya … ? newbie

Leave A Reply

Your email address will not be published.

wso shell IndoXploit shell c99 shell hacklink hacklink satış wordpress ücretsiz tema Google hacklink