7 Plugin Pilihan: Ubah WordPress Menjadi Aplikasi Mobile

Trend web berubah dari tahun ke tahun,  dan mungkin akanplugin mobile app pilihan wordpress ada perubahan signifikan di tahun 2018 ini dan berdasar studi akhir-ahir ini, jumlah pengunjung dari device mobile meningkat menjadi 60% dari semua trafik yang diterima internet. Dunia web terus berkembang mengarah ke portabilitas dan kemungkinan junlah trafik menuju website sebagian besar akan didominasi dari perangkat mobile.

Daftar plugin sudah diperbarui per November 2018, dan support versi terbaru WordPress

Aplikasi mobile di tangan lain menyediakan layanan penghubung website dengan pengguna dimana kebutuhan berita yang tekustomisasi menggunakan browser. Juga, aplikasi mobile untuk website dapat meingkatkan pengaruh positif terhadap eksistensi dari website tersebut, baik dari produk atau layanan yang mereka berikan.

Walaupun kita semua tahu, pentingnya aplikasi mobile dan pengaruhnya kepada pengguna, kita tentu tidak ingin menghabiskan ratusan hingga jutaan rupiah untuk membuat sebuah aplikasi dari website kita.

Berita baiknya, ada banyak plugin yang dapat digunakan untuk mengubah website menjadi aplikasi mobile. Dan kita dapat mengubah web dengan platform WordPress menjadi sebuah aplikasi mobile yang diinginan. Tidak perlu belajar koding atau framework yang rumit untuk membuat aplikasi mobile dengan berbagai platform seperti iOS, Android dan lainnya.

Cara yang biasa dilakukan untuk membangun sebuah aplikasi smartphone adalah menggunakan framework PhoneGap, dengan memadukan teknologi dasar seperti HTML5, CSS3 dan JavaScript untuk membangun aplikasi portabel Android, iOS dan Mac. PhoneGap bisa digunakan secara gratis, tapi tidak untuk iOS yang perlu melakukan pendaftaran akun untuk menampung aplikasi iOS.

1. WiziApp

WiziApp dapat digunakan secara free untuk mengubah ke bentuk aplikasi mobile HTML native Android dan iOS app dapat dibeli melalui website mereka. Plugin dapat mengubah WP menjadi mobile aplikasi tanpa harus melakukan koding. Yang menarik yaitu dukungan fitur lain seperi kustomisasi, navigasi animasi, cross mobile browser dan multi-menu.

Native Android app membutuhkan biaya sekitar $149 per tahun, sedangkan iPhone dan iOS app memerlukan biaya sekitar $300 per tahun.

Link download WiziApp

2. Plugin Mobile App by MobiLoud

Plugin mobile app untuk Android ini dapat Anda pakai secara gratis. Termasuk plugin yang cocok untuk bisnis atau perusahaan kelas bawah saat ini. dengan menggunakan plugin mobile app ini Anda bisa mengkustomisasi aplikasi sesuai selera dan embuatnya aktraktif seperti yang Anda inginkan.

Link download MobiLoud

3. WordApp Plugin Mobile App

Termasuk sebagai plugin mobile appp pilihan untuk Android saat ini. Mobile app tidak hanya bermanfaat hanya untuk perusahaan , meningkatkan jumlah pengunjung web, begitu juga pendapatannya, tapi juga berguna untuk penggunanya sendiri dengan dipermudahnya mereka untuk mengakses konten.

Plugin ini dapat digunakan dengan mudah, menkonversi blog secara instant dan akurat, yang harus Anda perhatikan adalah website/blog anda harus  responsif atau plugin tidak akan berjalan sesuai keinginan Anda.

Link download WordApp

4. Plugin Mobile App WPtouch

Hadir sebagai plugin konversi Android App dengan fitur dan theme terbaru. Fitur kustomisasi, interface nya yang user-friendly dan kemudahan saat digunakan membuatnya sangat cocok dipakai untuk pendatang baru dan mereka yang memiliki keterbatasan dalam menseting aplikasi Android app-nya. Plugin ini cukup populer dan sangat menawan dikalangan para pengguna akhir-akhir ini.

Link download WPtouch

5. Reactor: Core

Salat satu plugin mobile app yang gratis untuk mereka yang ingin memaksimalkan web dan membuat aplikasi mobile. Walaupun Anda harus belangganan seiap bulannya jika ingin menggunakan plugin ini, Anda masih bisa mencoba keseluruhan fitur dengan mencoba masa trial plugin mobile app ini.

Anda bisa mengubah aplikasi kapanpun sesuai kebutuhan dan juga bisa mengirimkan pus notif ke pengguna aplikasi. Secara keseluruhan, plugin ini sangat bermanfaat.

Link download Reactor: Core

6. WordPress Mobile Pack

Plugin ini membantu user mengubah konten website menjadi aplikasi web mobile. Hadir dengan beberapa theme yang dapat ada beli secara terpisah atau membelinya bersamaan dalam bentuk bundle.

Plugin ini kompatibel untuk device Android dan Apple iOS tentunya dengan dukungan browser populer seperti Google Crome, Safari dan banyak lainnya. Plugin ini memiliki dua versi, versi gratis dan versi pro dimana perbedaannya adalah pada fitur lanjutan yang dimiliki.

Link download Mobile Pack

7. WPapp.Ninja Plugin Mobile App

Dengan plugin ini Anda diberikan kemudahan untuk mempublish aplikasi ke Google Play dan Apple Store. Anda dapat ebeli lisensi seumur hidup dan melakukan setup dan konfigurasi aplikasi langsung dari halaman admin WordPress.

Tersedia pula tools untuk mengupload icon app, tombol, warna, translasi dan banyak lainnya. Juga mendukung Google Analytics, built-in caching, konten offline dan kompatibel dengan semua WordPress plugin populer.

Simpulan WordPress Plugin Aplikasi Mobile:

Aplikasi mobile adalah masa depan, cepat, intuitif dan bernilai tambah untuk bisnis dan jika ingin bisnis lebih bersinar, membuat aplikasi mobile adalah pilihan yang tepat.

Jika ada kesalahan atau ada info lainnya, silakan berikan komentar di bawah dan terima kasih.

Anda mungkin juga berminat
Tiada komen
  1. rommi kaestria berkata

    makasih ya info nya sangat berguna sekali

    rommikaestria.com

    1. Eko SP berkata

      sama-sama, mungkin klo ada masukan, boleh lho disampaikan

  2. Asep Solihin berkata

    Makasih informasinya sangat berguna sekali, kalau yg publish app nya free dimana ya … ? newbie

Isikan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

PRO BLOGGING ULTIMATE GUIDE

Panduan Menjadi Blogger Profesional
DOWNLOAD GRATIS
Close
Maksimalkan blog untuk mencapai kebebasan finansial.
Mohon isi data, kami akan kirim eBook ke email Anda.
close-link

Gabung Komunitas Indoincome Sekarang!

close-link

Panduan Lengkap
Blogger Profesional

Segera download eBook Premium ini sebelum quota gratis habis.
1. Bagaimana membuat professional blog
2. Bagaimana menulis konten evergreen
3. Mengenal SEO dan strategi SEO
4. List tools blogging freemium
5. Checklist membuat SEO artikel
Dan banyak lainnya...
close-link

close-link
Tweet
Share4
+1
Share
Pin1
5 Shares