Cara Install WordPress Menggunakan Softaculous

install wordpress dengan softaculous

Softaculous adalah script auto-installer popular. Aplikasi ini dapat kamu gunakan dengan mudah untuk meng-install/ memasang aplikasi web seperti WordPress dengan hanya beberapa klik saja. Perusahaan hosting seperti NiagaHoster ataupun BlueHost menggunakan Softaculous didalam control panel mereka.

Sederhananya, masuk / login kea kun cPanel kamu dan cari ikon Softaculous atau ikon WordPress installer. Biasanya dapat ditemukan di bagian bawah seksi Auto Installer.

softaculous-icon

Klik pada ikon apapun (yang ditandai dengan kotak merah) dan proses auto-installer Softaculous akan memasang platform WordPress ke dalam hosting dengan sendirinya. Pertama Anda akan melihat tampilan WordPress. Anda perlu menekan tab Install (lihat anak panah) untuk melanjutkan ke proses selanjutnya.

softaculous-installwp

Softaculous akan menanyakan dimana Anda akan memasang WordPress. Anda perlu memilih http:// atau https:// sebagai protokol web. Jika situs Anda memiliki SSl dan HTTPS, disarankan untuk memilih https:// atau https://www. sebagai protokol.

Setelah itu, Anda perlu memilih nama domain dimana Anda akan memasang WordPress. Sebagian besar (hampir semua) pengguna memasang WordPress di direktori root domain, semisal indoincome.com. Dalam kasus ini, Anda perlu memastikan bahwa direktori yang dipilih kosong tak berisi file apapun.

Skroll ke bawah sedikit, dan akan terlihat seksi pengaturan situs.

softaculous-sitesettings

Di bawah seksi ini, pertama yang perlu dilakukan adalah mengisi judul dan deskripsi situr WordPress anda. jangan kawatir, Anda dapat mengubahnya dengan mudah di halaman admin setelah instalasi selesai.

Selanjutnya,Anda perlu memilih nama admin (username), password dan alamat email untuk admin situs. Softaculous akan otomatis mengisi username dan password untuk Anda. Anda dapat mengubahnya nanti, yang penting jangan sampai lupa username dan password login yang dimasukan saat tahapan ini. Bagaimanapun kami sarankan Anda untuk selalu menggunakan password yang kuat (terdiri dari huruf, angak, dan symbol khusus dimana huruf ada yang besar dan kecil). Baca : cara terbaik untuk mengatur password untuk WordPress, untuk memanage password dengan mudah.

Pastikan Anda memasukan alamt email dengan benar pada kolom email. Ini akan digunakan untuk mengirimkan pemberitahuan dan tautan penyetelan ulang password, jika nantinya Anda lupa dengan password untuk masuk admin.

Sisa dari data masukan bersifat tambahan. Anda dapat langsung menekan tombol install untuk menjalankan instalasi (lihat anak panah merah).

softaculous-runinstaller

 

Softaculous akan menjalankan pemasangan menggunakan pengaturan yang diberikan. Anda akan melihat proses bar disertai status instalasi. Biasanya akan selesai dalam hitungan beberap menit (2-4 menit), dan jangan tutup halaman ini hingga proses bar menunjukan nilai 100% atau ini akan berpengaruh keoada instalasi WordPress tadi.

softaclous-wpinstallprogress

Anda akan melihat pesan sukses setelah proses instalasi selesai. Tautan menuju halaman utama situs dan tautan lain akan mengarah menuju halaman admin WordPress.

softaculous-success

Jika ada pertanyaan atau  masukan, silakan isi komen di bawah ini.
Jika artikel ini berharga, silakan bagikan dengan yang lain.

Anda mungkin juga berminat

Isikan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

PRO BLOGGING ULTIMATE GUIDE

Panduan Menjadi Blogger Profesional
DOWNLOAD GRATIS
Close
Maksimalkan blog untuk mencapai kebebasan finansial.
Mohon isi data, kami akan kirim eBook ke email Anda.
close-link

Gabung Komunitas Indoincome Sekarang!

close-link

Panduan Lengkap
Blogger Profesional

Segera download eBook Premium ini sebelum quota gratis habis.
1. Bagaimana membuat professional blog
2. Bagaimana menulis konten evergreen
3. Mengenal SEO dan strategi SEO
4. List tools blogging freemium
5. Checklist membuat SEO artikel
Dan banyak lainnya...
close-link

close-link
Tweet
Share1
+1
Share
Pin
1 Shares