Cara Memasang Instagram Foto Video Ke WordPress

Instagram sudah dikenal sebagai metode sederhana untuk berbagi video ataupun foto, dimana pengguna dapat update dengan keseharian orang lain dengan mudah. Dan sekarang, sedikit demi sedeikit para webmaster berusaha mengoptimasikan situs WordPress mereka menggunakan Instagram. Untuk menarik perhatian lebih baik dari pengguna instagram ataupun pengguna wordpress sendiri, diperlukan pemasangan video ataupun foto dari instagram ke dalam postingan atau halaman WordPress.

Dengan cara ini, pengunjung dapat mengikuti (mem-follow) video atau foto yang terpasang tanpa harus masuk (login) kea kun instagram dulu. Ikuti panduan dibawah ini, 2 cara efektif untuk suskses. Pnduan ini akan membantu Anda menyisipkan (embed) Instagram video ataupun foto ke dalam WordPress tanpa diperlukan keahlian khusus.

Cara 1 : Gunakan Plugin Simple Instagram Embed

WordPress telah mengembangkan beberapa seri plugin untuk memasang Instagram video dan foto, dari sekian banyaknya pilihan, rekomendasi pertama adalah menggunakan plugin Simple Instagram Embed sebagai solusi kita. Plugin yang mudah digunakan ini (user-friendly) bisa membantu pengguna hanya dengan menyalin alamat tautan (link) dari Instagram video dan foto ke dalam postingan atau halaman WordPress yang dibuat. Ini sangat mudah digunakan, bahkan untuk pemula sekalipun.

Langkah Pertama : Pasang dan Atur Plugin Simple Instagram Embed

Sebelum ke langkah inti, tentu kita perlu memasang plugin ini ke dalam WordPress kita, Cara memasang plugin di Wordpres dapat dilakukan dengan 2 cara, cara termudah yaitu menggunakan WP admin. Setelah diaktifkan, buka menu Settings > Simple Instagram Embed. Di sini Anda masuk ke halaman pengaturan plugin, dan sesuaikan pengaturan sesuai keinginan Anda.

pasang instagram di wordpress 01

Pada pengaturan ini, Anda perlu memilih ukuran yang pas untuk semua video dan foto yang akan dipasang. Masukan ukuran maksimal dari lebar foto / video yang akan dimasukan. Lebar minimal adalah 320 piksel, jika lebih kecil dari ukuran ini, maka pemasangan akan gagal. Untuk ukuran tinggi (height) akan terkondisi otomatis saat pemasangan Instagram ke dalam WordPress. Sesuaikan ukuran dengan kebutuhan dan centang pilihan “include caption” untuk menambahkan caption foto. Klik tombol “save” untuk mengkonfirmasi semau pengaturan.

Langkah Kedua : Temukan Link Foto Video Instagram

Pastikan Anda memiliki akun di Instagram. Masuk ke akun Anda dan cari video/post yang akan anda pasangkan di web WordPress Anda. Klik pada foto, lihat gambar dibawah untuk lebih jelasnya.

Capture

Link video atau foto yang akan muncul pada kolom alamat web di browser Anda. Salin link tersebut, kurang lebih formatnya seperti berikut : https://www.instagram.com/p/__FPM7A2k2/ .

Langkah Ketiga : Pasang link ke Halaman atau Post WordPress

Buka atau buat baru post/halaman web. Salin link yang taelah didapat ke dalam editor, kemudian simpan.

pasang instagram di wordpress 02

Tampilan dari halaman yang telah dibuat, foto/video akan tampil seperti gambar di bawah ini. Dalam kasus ini, pengunjung dapat mem-follow video atau foto yang terpasang di website Anda tanpa harus melakukannya dengan login dahulu.

pasang instagram di wordpress 03

Note : Lebar maksimal foto/video menyesuaikan nilai di pengaturan plugin. Jika gambar berukuran lebih kecil dari ukuran yang ditentukan, maka akan mengikuti ukuran gambar asli (lebih kecil dibanding pengaturan plugin)

Cara 2 : Pasang Instagram Video atau Foto di WordPress menggunakan Kode

Cara lain untuk memasang foto / video yaitu menggunakan code. Pilihan ini cocok untuk Anda yang tidak menginginkan pemasangan plugin atau tidak ingin terlalu banyak plugin yang dipasang di websitenya. Masuk kea kun Instagram Anda dan klik pada video atau foto yang akan dipasang di web. Klik pada tombol di sebelah “Add a comment” dan klik “Embed”.

pasang instagram di wordpress 04

Note : Klik pada bagian bertanda anak panah merah. Akan muncul 1 pilihan, pilih ambil kode

Setelah beberapa detik, baris code dari video atau foto yang Anda pilih akan muncul. Dapat juga di centang pada pilihan “Include caption”, dimana caption dari video / foto akan ikut terpasang di web Anda.Kami menyarankan untuk mencentang pilihan ini, sehingga memungkinkan optimasi yang lebih baik di website Anda. Kemudian salin bari kode ini dengan menekan tombol “Copy Embed Code”.

pasang instagram di wordpress 05

Note : Cukup tekan tombol untuk menyalin kode instagram.

Pasang kode yang didapat tadi, ke dalam halaman atau post di situs WordPress Anda. Normalnya, kode terdiri dari banyak baris yang harus disalin ke dalam editor. Contohnya seperti pada gambar, cukup pastikan tidak ada kode yang terlewatkan.

pasang instagram di wordpress 06

Note : Salin kode di text editor wordpress (bukan di visual editor), karena kita menyalin kode.

Cek apakah Instagram berhasil dipasang pada situs, lihat lewat halaman depan website. Contohnya seperti berikut :

View this post on Instagram

kelas 6 SD

A post shared by Eko Setyo Purnomo (@eko_s.purnomo) on

Note : Ukuran yang tertampil adalah selebar are postingan blog/ selebar halaman wordpress, atau selebar gambar asli yang ada di Instagram jika lebar video/foto lebih kecil dari lebar area posting.

Nah, setelah mengetahui begitu mudahnya cara menyisipkan Instagram di WordPress dengan plugin atau kode, pastinya konten yang dibuat menjadi lebih bervariasi dan informasi yang disampaikan jadi lebih menarik karena didukung oleh konten visual. Hal ini berguna sekali untuk meningkatkan jumlah jangkauan (reach), pembaca konten di WordPress And bisa dengan mudah mengakses dan berubah menjadi pengikut (follower) akun Instagram yang terpasang.

Menjaga konsistensi konten visual pun sama pentingnya dengan tulisan. Semakin banyak sumber di internet saat ini yang bisa jadi inspirasi ide postingan beserta caption Instagram. Algoritma Instagram yang selalu berkembang, mengharuskan para pencipta konten seperti Anda untuk selalu mencuri perhatian target audiens.

Anda mungkin juga berminat

Isikan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

PRO BLOGGING ULTIMATE GUIDE

Panduan Menjadi Blogger Profesional
DOWNLOAD GRATIS
Close
Maksimalkan blog untuk mencapai kebebasan finansial.
Mohon isi data, kami akan kirim eBook ke email Anda.
close-link

Gabung Komunitas Indoincome Sekarang!

close-link

Panduan Lengkap
Blogger Profesional

Segera download eBook Premium ini sebelum quota gratis habis.
1. Bagaimana membuat professional blog
2. Bagaimana menulis konten evergreen
3. Mengenal SEO dan strategi SEO
4. List tools blogging freemium
5. Checklist membuat SEO artikel
Dan banyak lainnya...
close-link

close-link
Tweet
Share3
+1
Share
Pin
3 Shares