10 Cara Singkat Menyegarkan Blog Anda

Cara yang biasa dilakukan blogger untuk menyegarkan blog mereka adalah dengan menambah konten atau artikel terus dan menerus.

Tapi tak dipungkiri juga, kadang blogger susah untuk menemukan waktu tambahan mengisi blog mereka. Tapi
itu bukanlah alasan untuk menyerah, jika list to do anda banyak, cobalah pecah menjadi beberapa bagian,
menjadi bagian kecil dan pasti akan terasa lebih ringan.

20 menit waktu yang anda butuhkan untuk menyegarkan blog anda, tapi tenang 2 menit pun cukup (tapi dilakukan 10 kali.. haha). Berikut 10 hal yang dapat anda lakukan

1. Buat judul artikel anda lebih menarik

Jangan sia-siakan artikel anda menumpuk di arsip blog, padahal mungkin saja artikel tersebut sebenarnya memiliki konten yang menarik, hanya saja judul artikel tersebut kurang menarik sehingga tidak banyak dibaca oleh pengunjung.

Kebanyakan pembaca menilai artikel dari judulnya. Beberapa hal yang dapat anda lakukan seperti menambahkan kata kerja, angka ataupun mengubah prase judul yang sudah ada, hal sederhana ini bisa menambah jumlah pembaca di blog anda.

Berikut contohnya :

Judul lama : Menggunakan Twitter Dengan Efektif
Judul baru : 6 Cara Pintar Mengemat Waktu di Twitter

2. Link ke artikel lain

Salah satu cara ampuh untuk mengurangi bounce rate yaitu dengan menambah kesempatan untuk melihat konten lain yang masih berkaitan. Cari artikel di arsip blog yang masih nyambung, kemudian pasang link di artikel baru anda, atau bisa saja pasang link artikel baru anda di artikel lama anda.

Buatlah sebisa mungkin artikel-artikel anda saling terhubung satu sama lain.

3. Perbarui About Page anda

Kapankah anda terakhir membarui halaman “About” blog anda? Kebanyakan blogger tidak menyentuhnya lagi sejak terakhir halaman itu dibuat, bahkan mungkin sudah setahun lebih berlalu.

Coba amati, adakah isi yang bisa diubah, mungkin

  • detail biografi, update berita, atau lainya.
  • informasi tentang produk dan layanan, biasanya ada yang baru dan membuang produk yang lama
  • link ke artikel terbaik anda, biasanya selalu ada artikel yang terbaik dari waktu ke waktu

4. Tambahkan foto diri anda

Foto merupakan cara terbaik agar pembaca tahu siapa dibalik artikel ataupun setiap untaian kata yang mereka abca di blog anda.

Ambilah salah satu foto anda, pasang lah di halaman about page anda, dan tidaklah harus penampilan terbaik anda. Atau mungkin juga tambahkan foto lain seperti pemandangan, wallpaper ataupun foto lain
di dalam artikel yang telah anda terbitkan, foto dapat membuat artikel anda lebih menarik dan lebih mudah dibaca.

5. Buang widget dari sidebar anda

Kebanyakn sidebar blog tersusun berantakan. Pembaca kadang susah untuk menemukan apa yang sebenarnya mereka ingin cari, misal subcribe ke blog anda ataupun misal mereka ingin mengikuti anda di twitter.

Lihat sidebar blog anda dan cari yang tidak harus ada, buang segera. Diantaranya seperti : tag clouds dan kalender tidaklah penting untuk pembaca anda.

6. Tanggapi semua komentar artikel

Walaupun anda tidak begitu peduli dengan komentar, menjawab komen tidaklah sulit, cobalah 2 menit saja untuk cek komentar artikel dan balas lah jika memang komentar itu butuh balasan cepat, ataupun spam, buanglah spam segera.

Komentar yang tidak terjawab ataupun spam yang berserakan tentu akan mengurangi kenyamanan pengunjung blog anda.

7. Tambahkan informasi di halaman kontak anda

Beberapa blogger hanya menaruh form kontak di halaman kontak mereka dan tidak ada lainnya. Sebenarnya itu bukalah masalah besar, tapi akan menjadi penghalang jika pembaca anda ingin menghubungi anda  dengan cara lainnya.

Tergantung dari tipe blog anda, anda bisa menaruh nomor telfon dan atau alamat lokasi anda di halaman kontak, beberapa saran coba lah tambahkan :

  • Alamat email anda : tidak semua pembaca percaya bahwa dengan mengisi form kontak, pesan akan terkirim ke pada anda, dan mungkin mereka lebih percaya untuk emgnirim email secara langsung kepada anda.
  • Link ke profil media sosial : apalagi bagi anda yang lebih mudah dikontak melalui twitter atau facebook dibanding dengan kontak via email
  • Informasi tentang cara terbaik untuk menghubungi anda. Misal beritahukan bahwa anda paling mudah dikontak melalui twitter.

8. Tambahkan “As featured In

Jika anda sudah bermain blog cukup lama atau anda memiliki guest blog di blog / website lain atau misal anda pernah diinterview atau juga pernah diliput di media lain, maka pastikan pembaca anda tahu akan hal tersebut, apalagi jika blog tersebut (yang meliput anda) adalah blog yang sudah punya nama.

Ada baiknya anda memasang ini di header atau di sidebar blog anda. Dengan cara ini, setiap pengunjung di blog anda dapat dengan mudah tahu siapa dibalik artikel keren di blog anda.

9. Perbaiki kesalahan penulisan

Typo atau kesalahan penulisan kerap terjadi di dunia blogging. Hal ini dapat membuat impresi yang buruk. Jika artikel atau halaman anda banyak terdapat penulisan kata atau pengucapan yang salah, tentu artikel anda akan terlihat tidak profesional dan ada kemungkinan juga pembaca tidak paham dengan apa yang anda tuliskan.

Baca dengan teliti tiap artikel yang anda terbitkan, jika ada kesalahan kata segeralah perbaiki, dan jika anda yakin tidak ada typo di artikel anda, tidak ada salahnya coba perhatikan pemilihan kata, siapa tahu ada yang bisa diimprovisasi atau coba tambahkan gambar / video untuk menambahkan kenyamanan konten.

10. Tambahkan “Call to Action”

Call to Action adalah kalimat yang mengajak pembaca untuk melakukan hal lain. Seperti contoh, setelah pembaca selesai membaca artikel, amat disayangkan jika behenti sampai di situ saja, beberapa hal dapat anda lakukan, misal mungkin anda ingin mereka untuk :

  • Memberikan komentar artikel
  • Membagikan artikel anda di sosial media
  • Komen artikel anda yang ada di sosial media
  • Baca artikel terkait
  • Cek produk / service yang anda tawarkan di blog anda

… atau hal apapun yang bermanfaat untuk anda (dan mungkin bermanfaat untuk pengunjung juga).

Semua hal diatas dapat anda lakukan dalam waktu 2 menit, sederhana namun dapat memberikan anda keuntungan besar.

Apakah anda punya cara lain yang bisa dilakukan dalam waktu 2 menit, ataupun hal lain yang bisa dilakukan untuk menyegarkan blog anda. Beri tahu kami dengan komen di bawah.

Sumber syedbalkhi.com
Anda mungkin juga berminat

Isikan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

PRO BLOGGING ULTIMATE GUIDE

Panduan Menjadi Blogger Profesional
DOWNLOAD GRATIS
Close
Maksimalkan blog untuk mencapai kebebasan finansial.
Mohon isi data, kami akan kirim eBook ke email Anda.
close-link

Gabung Komunitas Indoincome Sekarang!

close-link

Panduan Lengkap
Blogger Profesional

Segera download eBook Premium ini sebelum quota gratis habis.
1. Bagaimana membuat professional blog
2. Bagaimana menulis konten evergreen
3. Mengenal SEO dan strategi SEO
4. List tools blogging freemium
5. Checklist membuat SEO artikel
Dan banyak lainnya...
close-link

close-link
Tweet
Share1
+1
Share
Pin
1 Shares