Apa itu Affiliate Marketing?

Affiliate marketing pada dasarnya sudah ada sejak dahulu kali, yakni suatu sistem bisnis dengan membayar jasa seseorang ketika orang  tersebut berhasil menjual produk atau jasa seorang merchant (affiliate merchant). Affiliate merchant atau biasa di sebut merchant saja  merupakan orang atau perusahaan yang mempunyai produk atau jasa yang dipasarkan melalui internet dan membutuhkan orang lain untuk menjual produk/jasanya.

Nah, disinilah posisi kita jika kita termasuk orang yang tidak memiliki produk/jasa untuk dijual. Kita dapat membantu si merchant tersebut dalam memasarkan produk/jasa nya (disebut affiliate marketer) dan tentunya kita akan dibayar/biberi komisi atas penjualan yang kita lakukan.

Beberapa istilah lain juga biasa digunakan untuk menunjukkan program ini seperti ‘associate programs’, ‘referrer programs’, ‘partner programs’, ‘bounty programs’, atau ‘revenue sharing programs’. Namun yang lebih umum digunakan adalah “affiliate program” dan model bisnisnya disebut “Affiliate Marketing”.

Cara Kerja Affiliate Marketing

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan Affiliate Marketing, sekarang kita akan membahas sedikit tentang cara kerjanya. Sistem kerja dari program ini terletak pada link khusus untuk setiap penjual (affiliate marketer). Link khusus ini berbeda antara Affiliate marketer satu dengan Affiliate marketer lainnya. Sehingga saat seseorang mempromosikan produk/jasanya dan terjadi penjualan, maka akan dengan mudah diketahui siapa yang telah melakukan penjualan dan merekalah yang akan diberi komisi.

Contoh affiliate link (link khusus affiliate) seperti ini:
http://fbwarrior.com/?reg=video1

Disini berarti untuk program affiliate di atas, kode affiliate adalah ‘video1′ dan setiap orang akan memiliki kode yang berbeda.

Berapa Komisi dari Program Affiliate Mareting?

Untuk komisi yang diberikan berbedabesarnya bervariasi, tergantung dari si Affiliate Merchant. Misalnya untuk Amazon sekitar 2-4% per produk. Namun ada juga yang memberikan komisi hingga 70% seperti Clickbank. Ini adalah program Affiliate populer yang banyak promosikan oleh pebisnis online.

Oke..semoga artikel mengenai pengertian Affiliate Marketing ini bisa memberi anda pemahaman tentang salah satu cara menghasilkan uang lewat internet. Semoga bermanfaat dan sukses selalu.

Anda mungkin juga berminat

Isikan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

PRO BLOGGING ULTIMATE GUIDE

Panduan Menjadi Blogger Profesional
DOWNLOAD GRATIS
Close
Maksimalkan blog untuk mencapai kebebasan finansial.
Mohon isi data, kami akan kirim eBook ke email Anda.
close-link

Gabung Komunitas Indoincome Sekarang!

close-link

Panduan Lengkap
Blogger Profesional

Segera download eBook Premium ini sebelum quota gratis habis.
1. Bagaimana membuat professional blog
2. Bagaimana menulis konten evergreen
3. Mengenal SEO dan strategi SEO
4. List tools blogging freemium
5. Checklist membuat SEO artikel
Dan banyak lainnya...
close-link

close-link
Tweet
Share
+1
Share
Pin