Mengapa Blog Gagal Mendapat Traffic

blog failure

Tentu banyak yang blogger yang memiliki masalah seperti ini, padahal pencarian di Google melimpah ruah banyak sekali. Beberapa orang bertanya apakah saya bisa mendapatkan lebih banyak pengujung? Apakah Google mengindex halaman blog saya?

Jawabannya dalah YA, knapa tidak. semua blogger bisa mendapat pengunjung lebih, dan tentu Google akan menyadari keberadaan blog kita.  Singkatnya, ya… nanti.

Berikut adalah beberapa masalah terkait mendapatkan pengunjung.

Istilah dalam dunia Traffic

  • Traffic = pengunjung online yang datang ke situs
  • Returning traffic = orang yang datang kembali mengunjungi situs 2 kali atau lebih
  • Target audience = orang yang akan mengambil tindakan terhadap pesan anda
  • Online graveyard = dimana ribuan blog tanpa traffic mati tiap hari

Online graveyard sebenarnya hanya istilah dari teman saya saja.

Untuk menemukan solusi dari pengunjung blog yang langka, ada dua pendekatan yang bisa kita ambil. Masalah yang umum biasanya terjadi mengakibatkan blog tidak mendapatkan pengunjung balik (returning traffic) dan tentu akan terkendala untuk membangun target audience. Masalah ini dibutuhkan waktu untuk bisa diselesaikan.

Masalah pertama : Kita hanya melihat pada angka

Banyak yang bilang , “beri aku pengunjung lagi.. lagi.. dan lagiiii..”. Masalah pertama ini adalah kita melihat traffi hanya sekedar angka saja, tidak banyak yang melihat traffic dalam bentuk kualitas. pengennya punya blog 10.000 pageview per bulan, 50% lebih returning visitor, tapi kenyataan ini hanya dimiliki oleh blog yang sudah besar.

Tapi sebagai blogger baru, traffic kita tentu akan sangat minim dan mungkin malah tidak ada traffic sama sekali. Santai bro, ini butuh waktu, semua butuh waktu. Terlalu beresiko jika kita terlalu membandingkan diri dengan angka-angka tersebut diatas, dan mungkin kita terus merasa kurang dan kurang.

Dan jika kita terus merasa kurang dan tidak cukup, blogging kita bakal menderita, kita bakal kehilangan point kalau blogging itu menyenangkan dan bukan harus ini harus itu.

Kita akan merasa depresi untuk terus membuat konten terus dan terus (sama seperti saya kemaren), atau kemungkinan terburuk bahkan smapai memutuskan untuk berhenti saja dari aktivitas blogging.

Saya saranin jangan berhenti dari blogging. Terus apa solusinya?

Saya juga belum sukses dalam dunia traffiking, tapi ada saran dari teman yang mungkin bisa mambantu masalah kita.

Coba untuk melihat pengunjung (traffic) sebagai manusia sungguhan, atau mungkin sekelompok orang. Mereka sesungguhnya manusia seperti kita kan?

jika ada pengunjung , walau hanya 6 orang per hari, bukankan itu bagus. Apalagi jika kita bisa melayani mereka dengan serius, mungkin keesokan harinya akan muncul 6 pengunjung baru.

Berikut beberapa hal yang dapat ktia lakukan:

  • Balas semua komentar yang ditulis pengunjung, all of it, tanggapin
  • Berikan terima kasih kepada siapapun membagi postingna kita
  • Buat diri anda mudah dihubungi oleh pengunjung

Dengan memberi banyak perhatian walau hanya ke beberapa pembaca, anda bisa mendapatkan mereka sebagai fans. Dan ada kemungkinan mereka akan mengajak teman mereka untuk berkunjung ke blog kita.

Mereka akan komen, orang lain akan tahu. Mereka akan membgai (share) dan banyak orang akan ikut.

Masalah kedua: promosi yang kurang (aturan 80/20)

Kalo diamati beberapa blog tidak mempedulikan promosi blog mereka. Kebanyakan blogger hanya berpikir untuk terus membuat konten, dan mungkin orang lain atau Google tahu keberadaan kita.

Tapi percaya lah, orang lain hampir tidak mungkin menyadari keberadaan kita, tidak juga untuk Google, kecuali anda bisa menemukan orang lain untuk tahu lebih dahulu tentang blog anda.

Jangan hanya berfokus pada konten baik jumlah atau kualitas, tapi promosikan juga. buatlah orang lain tahu eberadaan anda, kemudian Google akan menyusul.

Ada cerita pendek dari teman, ketika blog nya baru diluncurkan. Awalnya blog hanya memiliki 3 postingan. Pertama adalah posting selamat datang, yang berisi menjelaskan blog apa sih ini dan tentang apa blog ini. Kedua posting lainnya hanya posting standar lainnya.

Kedua posting tersebut digunakan untuk menarik pengunjung ke blog itu selama 2 minggu full. Dia melakukan hal penting terkait Google, seperti membangun backlink dan mendapatkan status sosial. Dan ternyata apa yang ia lakukan berhasil.

Jadi apa strategi mu? Berapa banyak waktu yang kau butuhkan untuk membuat konten blog? 50% dari waktu mu? Lebih dari itu akan bikin gila!

Anda seharusnya menghabiskan minimal 80% (4/5) dari kerja keras sebagai blogger diluar blog anda sendiri. Ini termasuk desain atau apapun terkait onpage blog.

Lebih banyak blog marketing + sedikit konten blog =

  • Lebih banyak komen per post
  • Lebih banyak autority
  • Lebih banyak ketertarikan dengan posting berikutnya

Strategi mendatangkan traffic

Berikut beberapa hal yang dapat dicoba untuk membangun traffic:

  1. Guest post di blog yang sudah ramai. Konsepnya sederhana: tulis guest post untuk mereka dan temui audience baru. Baut postingan anda sebagik mungkin, ini akan berdampak besar pada panambahan traffic.
  2. Dorong untuk share psot blog anda. Baiknya coba minta pembaca untuk membahi konten anda. Dengan membagi konten, adna akan membuat posting anda diketahui banyak orang.
  3. Bangun Google+ anda. Google+ profil dapat meningkatkan ranking anda di hasil pencarian.
  4. Twitter. Twitter selalu menjadi sumber bagus untuk mendatangkaan pengunjung, tapi tidak semua orang memanfaatkan twitter dengan baik.
  5. Organic traffic dari google. Ini adalah cawan suci untuk blogging, sudah tidak perlu ditanya lagi apa yang bisa dilakukan oleh google untuk blog anda.
  6. Buat ebook singkat. Ini bagus untuk meningkatkaan returning traffic ke blog anda.
  7. Buat video konten di YouTube. Perlu dilakukan jika anda menginingkan audiece yang potensila.
  8. Demonstasi nyata
  9. Mension blog lain
  10. Bangun website lainnya
  11. Dan lain-lain

Hal yang mematikan traffic

  • Memohon untuk link : anda akan kehilangan respect
  • Follow sebanyak-banyaknya akun twitter
  • Facebook spam
  • Komen spam
  • Forum spam
  • Over-stuffing konten blog

Traffic yang sehat

  • Set up profil di Google Analytic dan liat apa yang blog anda lakukan
  • Jika bounce raate anda terlalu tinggi (melebihi 20%), coba diturunkan

Semoga artikel diatas dapat membantu, dan ditunggu komen kawan-kawan tentang cara mendapatkaan pengunjung. Sharing is Caring!!!

 

Anda mungkin juga berminat

Isikan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

PRO BLOGGING ULTIMATE GUIDE

Panduan Menjadi Blogger Profesional
DOWNLOAD GRATIS
Close
Maksimalkan blog untuk mencapai kebebasan finansial.
Mohon isi data, kami akan kirim eBook ke email Anda.
close-link

Gabung Komunitas Indoincome Sekarang!

close-link

Panduan Lengkap
Blogger Profesional

Segera download eBook Premium ini sebelum quota gratis habis.
1. Bagaimana membuat professional blog
2. Bagaimana menulis konten evergreen
3. Mengenal SEO dan strategi SEO
4. List tools blogging freemium
5. Checklist membuat SEO artikel
Dan banyak lainnya...
close-link

close-link
Tweet
Share1
+1
Share
Pin
1 Shares