Cara Membuat Blog
Pelajari bagaimana cara memulai blog di 2018 (langkah demi langkah beserta gambar)

Membuat blog adalah cara terbaik untuk membagi ide dan keahlian anda secara Cara Membuat Blog - Panduan Lengkaponline.

Atau memperluas bisnis online anda. Blog bisa dimanfaatkan sebagai alat untuk mempromosikan brand personal ataupun bisnis.

Anda juga dapat mencari penghasilan uang dari blog anda.

Untungnya, di 2018 in cara membuat blog sudah lebih mudah dari sebelum-sebelum nya.

Kami akan memandu anda secara lengkap beserta gambar, sehingga anda bisa membuat blog hari ini juga.

Jika anda merasa buntu dalam hal apapun, jangan sungkan kontak kami langsung, kami dengan senang hati akan bantu anda.

BEBERAPA PERTANYAAN UMUM DARI MEREKA YANG TERTARIK MEMBUAT BLOG:

Berapa lama waktu untuk membuat blog?


Dengan mengikuti instruksi berikut, perkiraan waktu yang dibutuhkan kurang dari 20 menit.Berapa-lama-waktu-yang-dibutuhkan-02-1-150x150

Tapi, kalau pemilihan nama domain dan tema blog bisa jadi butuh waktu beberapa lama, jika anda belum punya pilihan untuk saat ini.

Terakhir, membuat konten berkualitas yang disukai dan dibaca oleh pembaca blog anda bakal membutuhkan waktu lebih lama lagi. Sebagai contoh, untuk membuat konten yang sedang anda baca ini butuh waktu lebih dari sehari untuk mengumpulkan dan menyatukan bahan-bahan konten menjadi satu kesatuan yang utuh (termasuk gambar dan video). Namun, ngeblog tidak harus membutuhkan waktu yang lama, semua tergantung seserius apa anda akan membuat blog anda.

Apa ngeblog bisa gratis?


Jawaban pendek nya, “ya”. Anda bisa membuat blog tanpa biaya apapaun jika Apa-Blogging-Sepenuhnya-Gratis-03-150x150memang anda ingin seperti itu.

TAPI ada bebarapa hal yang anda harus beli.

Sebuah nama domain misal NamaAnda.com biasanya membutuhkan biaya 120-140 ribu rupiah per tahun (tapi anda bisa dapatkan gratis, nanti kita bahas).

Web hosting (wordpress hosting, bukan hosting biasa) biasanya berkisar 50 – 120 ribu per bulan atau lebih. Ini juga disesuaikan untuk kebutuhan, webhosting gratis pun ada jika anda menginginkannya (yang jelas hosting tersebut tidak dioptimasi untuk wordpress). Tapi tentu ada pertimbangan untuk setiap hosting yang anda pilih, seperti kecepatan, keamanan, kemudahan fitur dan juga support nya. BlueHost bisa anda pakai sebagai pilihan hosting, dan juga direkomendasikan oleh WordPress sendiri secara resmi, atau anda juga dapat memakai hosting pilihan anda sendiri.

Catatan: Jika anda ingin serius memulai blogging, anda harus siap untuk menyiapkan beberapa ribu rupiah untuk mendapatkan domain dan hosting. Kita akan ke tahap ini langkah 3 dan 4.

Bisakah saya gunakan blog untuk cari uang online?

Tentu bisa.cari uang dari blog

Bahkan beberapa blogger yang sudah sukses dapat memiliki penghasilan uang dengan jumlah yang luar biasa (puluhan bahkan ratusan juta rupiah), dan beberapa diantaranya bersifat passive income.

Ada banyak cara untuk menghasilkan uang dengan memanfaatkan blog.

Beberapa blogger memberikan service (pelayanan), beberapa menggunakan Google Adsense, beberapa memonetis blog mereka dengan Amazon dan beberapa memanfaatkan blog untuk menjual barang baik fisik ataupun digital.

Tapi anda juga dapat membuat blog untuk sekedar hobi atau berbagi ke sesama. Tidak masalah dan memang beberapa orang memiliki alasan masing-masing kenapa mereka membaut blog.

1. Memilih Paltform Blog Anda


Ketika memulai membuat blog, ada beberapa pilihan yang bisa anda pilih seperti tumblr, blogger daln lainnya.Pilih Platform blogging

Namun, satu yang paling terkenal adalah pemanfaatan CMS bernama WordPress.

GRATIS dan sangat mudah digunakan, dan cocok untuk mereka yang belum pernah membuat blog sebelumnya.

Mengapa orang-orang menggunakan dan merekomendasikan WordPress?

  • Gratis (anda cukup butuh nama domain dan web hosting)
  • Ada 5000+ tema WordPress gratis dan berbayar, tersedia untuk mengubah penampilan blog anda.
  • WordPress memiliki forum bantuan yang siap memecahkan masalah kita.
  • Menawarkan 45000+ plugin gratis untuk mengembangkan blog kita.

91% dari semua blog di dunia menggunakan WordPress, termasuk blog yang anda baca saat ini – Indoincome.com dan WordPress juga digunakan oleh 62% dari 100 blog perusahaan teratas.

Kenapa anda sebaiknya tidak membuat blog di platform gratisan?

Memang benar, siapapun bisa membuat blog dengan gratis. Tapi dengan fungsi yang sangat terbatas, terlihat membosankan dan alamat blog terlihat jelek (misal: namaAnda.wordpress.com), dimana akan menurunkan kredibilitas anda.

Ada beberapa masalah yang perlu anda ketahui jika membuat blog dengan gratis

  1. Tanpa control – Blog anda akan dihost di website lain, seperti wordpress.com, tumblr.com. blogspot.com. Jika anda menyalahi aturan pelayanan mereka (bahkan karena tidak sengaja), mereka dapat menutup blog anda kapan pun.
  2. Tanpa kustomisasi – Anda tidak daapt menggunakan semua plugin ataupun tema gratis. Bahkan akan sangat terbatas untuk memakai tema custom milik anda.
  3. Batasan lain – Kapasitas penyimpanan hanya 3GB. Untuk post, gambar, dan mungkin video, bisa jadi kapasitas sebesar itu tidak akan cukup.

Singkatnya, jangan membuat blog melalui platform gratisan, khususnya jika anda serius ingin menjadi blogger profesional. Andakata pun nantinya anda akan migrasi dari platform gratisan tersebut, tentu akan memakan banyak waktu dan cukup tricky.

Sebaiknya, buatlah blog WordPress self-hosted dimana anda tidak memliki batasan di dalamnya. Ditambah, anda dapat menggunakan nama domain professional anda, tema dan semua yang terlintas di pikiran.

Setelah itu, mari kita ke langkah berikutnya: menemunakn nama domain.

CATATAN: JANGAN DOWNLOAD/INSTALL WORDDPRESS SEKARANG, NANTI AKAN DIBAHAS DI LANGKAH 4.

2. Pilih nama domain (www.NamaBlog.com)


Sebelum melangkah lebih jauh, anda akan membutuhkan nama domain untuk dipilih.

Nama domain anda penting karena:Pilih Nama Domain Anda

  • Sebagai kesan pertama untuk pengunjung web/blog anda.
  • Domain mempengarui rangking anda di seach engine
  • Menunjukan brand anda

Dengan alasan pentingnya nama domain, sebaiknya anda benar-benar harus memikirkan nama domain yang sesuai, tapi jangan terlalu fokus dengan nama domain,

Alokasikan 5 menit untuk menemukan nama domain, setelah dapat lanjutkan ke langkah berikutnya. (Anda dapat mengubah keputusan nama domain nantinya). Tapi berikut beberapa tips pemilihan nama domain untuk pertimbangan.

  • Pilih nama yang lebih brandable dibandingkan nama yang umum. Nama domain brandable biasanya unik dan menang dalam kompetisi pencarian, sedangkan nama domain yang terlalu umum berisi dengan kata kunci dan biasanya susah untuk diingat.
  • Buat tetap pendek. Menurut penelitian dari Geabler.com, majalah untuk entrepreneur, 100 website terkenal memiliki nama sekitar 6 karakter di nama domain mereka.
  • Gampang ditulis dan diucap. Nama domain sebaiknya mudah untuk diketikan dengan jari dan mudah juga dapat diucapkan tanpa kesulitan.

CATATAN: JANGAN TERGESA MEMBELI NAMA DOMAIN, BERIKUT CARA MENDAPAKAN NAMA DOMAIN PREMIUM SECARA GRATIS

3. Daftar web host dan install WordPress


Apa itu webhosting dan kenapa anda membutuhkannya?

Web Hosting adalah layanan yang membuat blog anda dapat diakses oleh semua orang. Di sana nantinya anda menyimpan semua file, gambar dan konten blog anda yang nantinya akan ditampilkan untuk pengunjung blog anda.

Jika anda tidak memiliki web hosting, anda tidak akan bisa membuat blog untuk dibuat, anda juga tidak bisa memakai nama domain anda sendiri nantinya.

Ada Penyedia Hosting yang bagus dan buruk (jelek)

Pemilihan hosting anda termasuk aspek yang paling penting dalam membuat sebuah blog.

Web hosting yang buruk biasanya mendatangkan masalah bagi kebanyakan orang terkait blog mereka. Sebagai contoh, customer servise yang kurang membantu dan biasanya ada biaya tambahan yang tidak disampaikan di muka. Berhati-hatilah dalam memilih penyedia web hosting, tidak semua yang mereka sampaikan adalah benar. Misal mereka menjanjikan layanan cepat, server lokal Indonesia, tapi setelah kami coba dan selidiki, layanan mereka lamba dan server yang mereka gunakan bukan dari Indonesia. Intinya, jangan mudah percaya dan jarang ada hosting bagus dengan harga sangat murah.

Banyak hosting murah juga terlalu memaksakan kapasitas server untuk memangkas biaya layanan – dan tentu saja dapat menyebabkan situs anda berpotenti tidak bekerja atau lambat dan menyebankan pengunjung situs anda berpaling ke situs lain. Hanya sedikit kamihosting murah yang benar-benar memanfaatkan resource server mereka dengan baik, sehingga situs/blog anda dapat berjalan dengan baik. Namun, tetap saja hosting murah akan kalah dengan hosting yang benar-benar didedikasikan untuk performa WordPress.

Kami sangat merekomendasikan www.Bluehost.com sebagai hosting anda, WordPress secara official juga merekomendasikan web hosting ini.

Disclosure: Karena kami menyadari bahwa hosting mereka hebat, semua link ke Bluehost adalah referral link. Kami akan menerima komisi jika anda menyewa hosting dan anda pun akan mendapat harga diskon. Dengan begitu, kami bisa mempertahanakan indoincome.com tetap berjalan dan memberikan manfaat untuk para pembaca termasuk anda.

  1. Bluehost memiliki instalasi one-click WordPress, dimana akan sangat mempermudah anda membuat website.
  2. Mereka sudah direkomendasikan secara resmi oleh WordPress sejak tahun 2005.
  3. Hanya $2.95/bulan (sekitar 40.000 rupiah) dengan nama domain gratis. Harga ini termasuk murah dibanding hosting wordpress lainnya.

Tentu saja, anda tidak harus menggunakan Bluehost jika anda tidak menginginkannya. Jangan ragu untuk menggunakan web hosting lainnya yang cocok dengan wordpress, tapi usahakan untuk mencari hosting yang mudah untuk digunakan, aman dan dapat diandalkan.

Berikut langkah singkat membuat blog (di Bluehost atau hosting lainnya)

  1. Daftar ke web hosting (kami rekomendasikan Bluehost)
  2. Pilih paket hosting (anda dapat memilih yang termurah)
  3. Pilih nama domain untuk blog anda
  4. Selesaikan pendaftaran hosting
  5. Install WordPress
  6. Login dan tulis beberapa posting blog

Semaunya cukup butuh 5-10 menit jika anda mengikuti instruksi (asumsi anda sudah punya nama domain). Jadi, anda sudah bisa memulai membuat postingan pertama anda dalam beberapa menit.

1. Daftar ke web hosting (Kami rekomendasikan Bluehost)

Buka alamat www.Bluehost.com dan klik tombol “Get Started Now”. Gunakan link tadi untuk mendapatkan domain GRATIS juga.

Diskon ini dapat dipakai untuk semua pengunjung indoincome.com , jadi jangan lewati kesempatan menarik ini.

The Best Web Hosting2. Pilih paket hosting (anda dapat memilih harga termurah)

Saatnya memilih paket hosting yang akan anda gunakan

Ada tiga pilihan: Basic(rekomendasi kami), Plus, dan paket Prime

Pilihan Basic sangat cocok untuk pemula. Dua pilihan lain tidak terlalu dibutuhkan kecuali anda memiliki pengunjung website hingga jutaan dalam sehari. Lebih baik, pilih saja paket Basic sekalian menghemat biaya juga.

Hosting plan3. Pilih nama domain yang anda mau (Bluehost memberikan domain gratis)

Langkah berikutnya, anda perlu memilih domain yang nantinya akan anda gunakan

Domain tidak harus menggunakan akhiran .com, jadi anda bebas menggunakan akhiran domain (misal: .net, .org atau lainnya) jika domain pilihan pertama anda tidak tersedia.

Jika anda tadinya sudah memiliki domain (misal: beli domain di tempat lain), gunakan pilihan kedia yang ada di kanan (“I have a domain name”).

4. Selesaikan pendaftaran anda

Ada tiga bagian di halaman ini.

Pertama adalah tentang informasi akun. Cukup masukan kontak informasi anda seperti baisa.

Informasi AkunBagian berikutnya, adalah pemilihan layanan Bluehost yang akan anda daftarkan.

Pemilihan layananPertama-tama anda pilih account plan. Di dalam pilihan Basic, anda dapat memilih untuk 12, 24 atau 36 bulan. Pilihan terendah adalah 12 bulan.

Selanjutnya, anda punya beberapa pilihan di dalam form. Anda tidak harus pusing dengan isian form ini. Uncheck saja di semua pilihan opsional.

Seperti yang tampil di halaman, ada dua pilihan yang mungkin anda pertimbangkan:

  • Domain privacy – Ketika anda mendaftarkan nama domain, semua informasi anda ditambahkan ke database public. Jika anda tidak menginginkan data anda terlihat, anda dapat mencentang pilihan ini, dan nama BlueHost akan tampil sebagai nama terdaftar untuk domain yang anda pilih (akses penuh tetap ada di tangan anda). Jadi, pilihan ini digunakan untuk melindungi anda dari spammer. Jika anda tidak membutuhkan pilihn ini, cukup hilangkan centang, anda menghemat sekitar $0.99 per bulan.
  • Site Backup Pro – Plihan bagus untuk mendafar Site Backup Pro untuk beberapa kasusu. Jika anda takut anda kurang berhati-hati dengan website anda, centang pilihan ini sehingga anda punya fitur backup professional. Abaikan jika anda belum membutuhkannya, ini bersifat opsional.

Bagian akhir hanyalah informasi pembayaran anda. Jika anda ingin membayar dengan PayPal, klik link “More payment options”.

Informasi Pembayaran5. Install WordPress dengan One-Click Installation

Anda sudah selesai mendaftar hosting di Bluehost? Okay, Well done.

Anda perlu menginstall WordPress. Untungnya, dengan Bluehost anda bisa menginstall WordPress hanya dengan sekali klik saya, tanpa harus berurusan dengan File Manager ataupun hal teknikal lainnya.

Berikut langkah-langkah menginstall WordPress di BlueHost

1) Login ke control panel Bluehost di : my.bluehost.com

2) Setelah berhasil login, anda akan masuk control panel. Dari sini, pilih “Install WordPress”.

Bluehost control panel3) Anda akan diarahkan ke halaman selanjutnya, dimana anda memilih lokasi dimana anda akan mengisntall wordPress. Saya saranan pilih root domain saja (misal: www.NamaBlogAnda.com, bukan di alamat www.NamaBlogAnda.com/blog), jadi kosongkan saja isian yang ada di kanan.

Jika Anda mengalami kendala atau bingung, bisa kontak kami saja, kami siap membantu instalasi WordPress anda GRATIS. Cukup daftarkan anda di BlueHost dengan link yang kami rekomendasikan.

6. Login ke blog anda

Setelah langkah ini, anda akan memiliki WordPress terinstall dengan isian kosong, beserta username dan password untuk mengakses halaman admin blog.

Coba anda ketikan alamat alamat blog baru anda (misal: NamaBlogAnda.com) untuk melihat tampilan awal website anda. Contoh tampilannya kurang lebih seperti berikut:

Selanjutnya, masuk ke panel admin dengan membuka url : http://NamaBlogAnda.com/wp-admin/. (Anda dapat login menggunakan username dan password yang ada dapatkan sebelumnya.)

Setelah login, anda akan melihat halaman dashboard (panel admin). Menu-menu utaman yang anda butuhkan ada di sidebar sebelah kiri halaman dashboard.

4. Kustomisasi dan Memilih Tema Blog


Setelah masuk ke halaman dashboard, anda dapat memulai mengkustom blog anda. Kita akan menjelajah semua yang anda butuhkan hingga blog anda siap dan artikel anda terpublikasi hari ini juga.

Mungkin anda sudah mulai familiar dengan masing-masing menu di dalama admin WordPress. Berikut penjelasan dari beberapa item tersebut:

  • Dashboard – Halaman yang anda lihat setelah berhasil login.
  • Posts – Disini anda dapat menulis dan mempublikasi postingan baru anda, ataupun mengubah artikel anda (jika ada). Kita nantinya akan bahas sampai menu ini.
  • Media – Ini adalah tempat untuk semua media yang anda upload seperti gambar, pdf dan video.
  • Pages – Disini anda dapat menulis dan mempublikasikan halaman, juga melihat ataupun mengubah halaman yang sudah ada. Kita nanti akan kesini setelah mengubah desain blog.
  • Comments – Semua yang terkait komentar. Anda akan familiar setelah anda mempublish post dan ada pengunjung yang meninggalkan komentar.
  • Appearance – Disini anda dapat mengubah tampilan blog sesuai keinginan. Detail akan kita bahas setelah ini.
  • Plugins – Disni anda dapat menambah atau menghapus plugin, dimana plugin lah yang akan memberikan fitur tambahan di blog kita. Kita akan kesini setelah pemilihan tema.
  • Users – Jika anda membuat blog untuk dipakai bersama, anda dapat menambahkan user di menu ini, sehingga orang lain juga login,menulis dan mempublish artikel di blog anda. Jika tidak, abakan saja menu ini.
  • Tools – Digunakan sebagai alat bantu untuk mempublikasikan post. Sementara skip saja dulu menu ini.
  • Settings – Disini anda dapat mengubah pengaturan blog anda. Kita akan membahasa pengaturan blog nanti.

Pilih tema GRATIS untuk blog anda

Menurut kami, disinilah yang paling menyenangkan dalam membuat blog.

Berita baiknya adalah:

  • Anda dapat melakukannya sendirian.
  • Anda dapat mendownload tema WordPress GRATIS sehingga blog anda terlihat makin bagus.
  • Anda dapat mengubahnya nanti (jangan mengubah tampilan terlalu sering, apalagi sampai pembaca anda kebingungan karena tampilan sering sekali berubah).

Berita butuknya adalah:

  • Anda dapat menghabiskan BANYAK waktu mencari tema yang sempurna, yang sangat cocok dengan anda.
  • Tema WordPress bertanggungjawab untuk penampilan blog anda, karena itu anda harus tepat memilih tema.

Dengan kata lain, tema WordPress seperti penampilan mobil anda. Merubah bentuk dan tampilan mobil, tapi tidak berpengaruh ke fitur dan performa mobilterlalu besar.

Anda beruntung, karena WordPress memiliki ribuan tema yang bagus dan sudah dioptimasi oleh beberapa merek ataupun industri.

Berikut beberapa yang perlu dipertimbangkan dalam memilih tema WordPress.

  • Kesederhanaan – Desain yang tidak bersih akan membuat pengunjung anda kesulitan saat bernavigasi.
  • Keresponsifan – Tema harus bisa menyesuaikan tampilan saat dibuka di ukuran dan device yang berbeda. Pada jaman sekarang, tema responsif adalah sebuah keharusan.
  • Kecepatan – Walaupun kebanyakan tema tidak terlalu mempengaruhi kecepatan blog, tidak ada salahnya kita mengetes nya. Untuk mengetes kecepatan tema, gunakan Test kecepatan milik Pingdom, masukan URL demo tema dan lihat berapa lama halaman selesai dibuka. Jika load time lebih dari tiga detik, sebaiknya anda mencari tema lainnya (Idealnya, waktu load website yang baik adalah dibawah dua detik).
  • Kemudahan Kustomisasi – Suatu keharusan tema bisa dikustom dengan mudah, atau anda akan kesulitan setiap kali ingin mengatur tema anda. Untungnya kebanyakan tema sudah bisa dikustom dengan kemudahan.
  • SEO ready – Dari setiap tema WordPress yang ada, tidak terlalu berbeda di mata search engine. Tapi alangkah baiknya Anda mencari tema yang didesign untuk SEO. (Coba cari “SEO Optimizes” atau “SEO Ready” di deskripsi tema.)
  • Keamanan – Tema umumnya tidak ada masalah dalam sekuriti/keamanan. Tapi tidak ada salahnya juga cek komen dan review dari tema yang ada, cek juga apakah ada orang yang pernah bermasalah terkait sekuriti dengan tema tersebut.

Pertimbangkan poin-poin diatas dalam memilih tema. Tapi lebih penting lagi, pilih yang anda suka dan disukai juga oleh pembaca nantinya.

Jadi, bagaimana cara mencari tema? Berikut video cara menambah dan mengubah tema WordPress.

5. Menambah Post dan Halaman


Sampai langkah ini, harusnya anda sudah memiliki blog WordPress. Kemudian, sekarang waktunya untuk mempublikasikan artikel/post. Kami akan memandu anda agar proses ini menjadi lebih mudah.

Kembali ke WordPress admin panel (http://domain_anda.com/wp-admin) dan pilih menu “Posts >> Add New” (atau “Pages >> Add New”) pada sidebar kiri dashboard.

Apa yang anda lihat tentu sudah cukup familiar bukan? Tampilan editor mirip dengan MS Word atau Halaman pada Mac:

Mari kita bahas satu per satu:

  1. Title Area: Tempat untuk menulis judul postingan anda.
  2. Konten Area: Tempat untuk menulis teks isian artikel/post. Area ini sama seperti editor teks di Word. Anda juga dapat menambahkan gambar atau file media lainnya ke dalam post dengan menekan tombol “Add Media”.
  3. Tool Editor Standar: Opsi untuk pengaturan teks misal bold, italic, list, paragraph atau headline.
  4. Tool Publish: Digunakan untuk mempublikasikan post anda, dengan menekan tombol “Publish”. Anda juga bisa mengatur jadwal kapan postingan anda akan dipublikasikan, atau anda bisa menyimpannya sebagai draf untuk diedit nantinya.
  5. Tool penyesuain tambahan: Update postingan blog dan kategori.

Berikut beberapa hal yang mungkin anda perlu tahu:

Menambah link di postingan anda: Anda sebaiknya menambahkan link keluar ke website lain untuk menambah kepercayaan tentang artikel anda. Sebagi contoh, jika anda menulis artikel tentang meditasi, anda dapat membuat link ke study yang mengajarkan bahwa meditasi berguna juga untuk penenangan pikiran. Untuk menambahkan link ke postingan anda, highlight text yang diinginkan, kemudian skrol ke menu blog.

Menambahkan link di postingan blogTekan item mirip dengan paperclip, di sebelah kanan item “Align right”.

Disitu anda tambahkan URL yang ingin dituju:

Kemudian, klik icon pengaturan di sebelah kanan (berbentuk seperti roda gerigi, disebelah icon panah).

Pengaturan link di dalam postKlik kotak “Open in link a new tab”. Berguna untuk membuka link di tab baru browser, anda tidak ingin kan, blog anda tertutup olehwebsite yang ada di link tersebut?

Menambah gambar ke post anda: Anda dapat menambahkan gambar dengan mengarah ke menu blog, klik tombol “Add Media”.

Dari sini, unggahfile yang anda inginkan untuk diunggah. Anda dapat melihat file yang telah diunggah sebelummnya di tab “Media Library” di bagian atas halaman dan berada di kanan tab “Upload Files”

Setelah upload gambar, anda bisa memilih ukuran dan penempatan gambar di dalam post.

Untuk menambahkan gambar fitur (gambar yang biasanya ada di atas artikel anda dan sebagai tumbnail dari artikel anda nantinya), skrolke sidebar kanan halaman blog menu. Anda akan meilhat pilihan bertuliskan “Set featured image”. Klik pilihan tersebut, kemudian pilih gambar seperti saat tadi anda mengunggahgambar, dan gambar fitur telah siap.

Menambahkan video dari youtube: Menambahkan video dapat meningkatkan daya tarik postingan anda. Proses ini kadang cukup rumit, tapi seiring pembaruan dari WordPress, proses ini semakin mudah.

Anda cukup menyalin alamat URL video YouTube ke dalam konten area. Pastikan URL berada pada 1 baris teks dan tidak bisa diklik (bukan link teks). Ketika anda mempublikasi artikel/post, video akan otomatis tampil. Anda juga bisa merujuk ke artikel ini jika butuh infomasi tambahan terkait menambah video di postingan

Membuat slug: Slug anda adalah URL dari postingan. Sebaiknya anda membuat slug yang jelas dan mudah dibaca, sehingga mempermudah orang lain untuk membagikan artikel anda di social media, dan singkat cerita, URL akan terlihat menarik.

Anda dapat melihat slug postingan di bawah judul artikel, bertuliskan “Permalink: http://domain_kamu.com/post_title”

Terkadang judul blog post anda dapat dibuat menjadi slug yang bagus. Tapi pada umumnya, slug artikel yang mengikuti judul artikel akan terlalu panjnag, sebaiknya diubah menjadi lebih pendek sekitar 2 sampai 4 kata saja.

Berikut beberapa tips untuk optimasi slug WordPress anda:

  • Targetkan kaca kunci (keyword) SEO. Pikirkan apa yang mungkin diketikan di Google ketika seseorang sedang mencari informasi seperti yang artikel anda buat.
  • Hindari duplikasi (pastikan slug yang dibuat tidak sama dengan slug lain di website anda )
  • Jangan ubah slug post yang sudah ada publikasikan (kecuali memang ketika itu sebuah keharusan), karena itu akan mengganggu trafik situs anda.

Menambahkan heading: Heading membantu struktur konten anda dan membuat nya lebih mudah dibaca oleh pengunjung. Petimbangkan untuk menambahkan heading di setiap poin inti artikel.

Untuk menambahkan heading, skrol ke menu drop-down “Paragraph”. Pilih heading yang anda inginkan. Perhatian, “Heading 1” biasanya digunakan untuk penamaan judul artikel, jadi pilihlah heading yang lebih kecil (heading dengan nomor lebih besar) di dalam konten postingan.

Menambahkan Heading pada ArtikelPublikasi Post (atau Halaman) Anda

Setelah anda selesai dengan pembuatan postingan, klik tombol “Publish” dan link “View post” akan muncul di atas halaman (gunakan untuk melihat tampilan post di blog anda).

Selamat! Anda baru saja mempublikasikan post pertama.

6. Dapatkan Traffic dan Monetisasi Blog Anda


Tidak ada blog yang lengkap tanpa konten yang menarik.

Mulai dengan mencari topik yang cocok dengan blog anda. Kemudian cari 10-15 ide untuk membuat post baru. Buat agar post ini menarik dan juga menghibur.

Ada baiknya juga, anda membuat konten evergreen (konten yang tidak lekang oleh waktu, dan selalu relefan), dan jangan membuat artikel yang bakal kadaluarsa oleh waktu. Konten evergreen akan terus menghasilkan trafik seiring waktu, dan konten lainnya akan ada masanya sendiri, tinggal menunggu waktu konten tersebut basi.

Berikut beberapa tips untuk membuat konten kuat dan disukai pengunjung tentunya:

  • Mulai dengan membuat strategi konten lead-generating.
  • Pastikan konten anda mudah untuk dicerna dan jelas heading, paragraf pendek dan gambar yang high-quality.
  • Tulis konten yang bisa membantu pembaca dalam menyelesaikan masalahnya.
  • Buat heading artikel/post anda menarik untuk dibaca, karena kalau tidak menarik, orang juga enggan untuk membacanya.

Promosikan Blog Anda

Jika anda ingin pembaca yang lebih banyak, berkeinginan untuk memonetisasi blog, anda tentu perlu mempromosikan blog anda.

Memanfaatkan blog menjadi bisnis yang menguntungkan cukup mudah jika anda memiliki trafik yang cukup.

Trafik = pelanggan dan uang.

Bagaimana membuat blog dengan trafik yang stabil? Yang anda butuhkan adalah:

  • Perencanaan konten (misal: apa yang akan menjadi topik blog anda)
  • Perencanaan untuk media social (social media apa yang akan anda pakai dan konten apa yang akan anda bagikan)
  • Beberapa pengetahuan tentang SEO (trafik dari Google)

Untuk sekarang, berikut beberapa tips untuk mulai mempromosikan blog Anda:

  • Mulai dengan mengumpulkan email pengunjung blog, dengan memasang email marketing.
  • Baca ebook ini perihal SEO, usability dan Google guidelines.
  • Cek video di youtube terkait SEO
  • Jangan menyebar spam di media sosial. Tapi, targetkan untuk membuat konten media yang bagus, bagikan postingan blog atau video, bagikan materi dari orang-orang berpengaruh lainnya atau juga mebagikan hal yang bernilai guna untuk pembaca.
  • Jawab pertanyaan di forum atau blog lain, dan tinggalkan backlink ke blog anda.
  • Post dan promosikan di media social misalnya.

Langkah selanjutnya untuk memulai blog hari ini

Sekarang anda sudah tahu dengan betul bagaimana memulai sebuah blog, semua kembali ke anda sendiri. Jadi, kami harap anda sudah siap mengambil tindakan.

Jika anda ingin membagikan ide atau keahlian kepada dunia, bangunlah pendengar atau sebuah komunitas atau pun membuat uang dari blog, mulai dari sekarang dengan menyiapkan nya. Hanya butuh beberapa waktu, namun kebanyakan terhenti dan berpikir “Nanti aja deh”.

Jadi, berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan:

  • Buka Bluehost sekarang untuk mendapatkan web hosting (dapatkan juga domain gratis).
  • Pilih tema agar tampilan blog sesuai dengan keinginan anda.
  • Tambahkan beberapa halaman penting.Tulis bebrapa postingan pertama anda (misal alasan kenapa anda memilih topik yang anda pilih, apa yang nanti akan anda tulis, sehingga pembaca blog akan tahu arah blog anda dan tahu apa yang mereke akan dapat di blog ini)

Jika anda merasa panduan ini bermanfaat, tidak ada salahnya bebagi dengan yang lain agar mereka juga terbantu dan bisa segera memulai blog yang mereka inginkan.

Bahkan jika anda merasa kesulitan, kami akan dengan senang hati menyeting blog untuk anda secara GRATIS, cukup daftar di BlueHost dan kontak kami langsung atau tulis di kolom komentar di bawah.

PRO BLOGGING ULTIMATE GUIDE

Panduan Menjadi Blogger Profesional
DOWNLOAD GRATIS
Close
Maksimalkan blog untuk mencapai kebebasan finansial.
Mohon isi data, kami akan kirim eBook ke email Anda.
close-link

Gabung Komunitas Indoincome Sekarang!

close-link

Panduan Lengkap
Blogger Profesional

Segera download eBook Premium ini sebelum quota gratis habis.
1. Bagaimana membuat professional blog
2. Bagaimana menulis konten evergreen
3. Mengenal SEO dan strategi SEO
4. List tools blogging freemium
5. Checklist membuat SEO artikel
Dan banyak lainnya...
close-link

close-link
Tweet
Share1
+1
Share
Pin
1 Shares