Membangun Trafik Organik

membangun trafik organikMembangun trafik organik atau jumlah pengunjung sangat penting untuk website atau blog. Tanpa trafik, Anda tidak akan memiliki pembaca, tidak ada pembeli, tidak ada identitas online, ada seperti sama sekali tidak ada di dunia online. Dan tanpa online presense akan sangat sulit untuk bisa terdaftar atau terindeks di mesin pencari, dengan kata lain tidak ada orang yang bisa menemukan blog atau website Anda.

Jika anda belum memiliki blog, berikut panduan membangun blog profitable.

Tahukah Anda bahwa ada lebih dari 200 juta blog online? Dan hanya beberapa ribu yang bisa menarik dan memuaskan pembacanya. Membangun blog, menulis dan memposting artikel adalah cara untuk meningkatkan jumlah pengunjung blog dan maintenance blog lain cerita lagi.

Berikut beberapa cara untuk meningkatkan trafik organik atau jumlah pengunjung blog Anda.

 

1. Strategi Konten

Seperti yang biasa orang sebut bahwa “content is king”, jadi bisa dibilang bahwa untuk meningkatkan trafik adalah membuat konten yang bagus. Untuk membuat “better content” atau konten yang lebih baik bukan sekedar kualitas dari konten tersebut, tapi juga pada strategi apa yang dipakai dalam membuat konten.

Konten yang sukses adalah konten yang bisa memenuhi kebutuhan spesifik pengunjung. Coba pikirkan tentang audien Anda, apa yang mereka sukai. Buatlah dimana orang lain ingin terhubung (link ke konten) dan ingin membagikan konten Anda.

Optimasi konten dalam SERPs

SERPs atau dikenal sebagai Search Engine Result Pages. Banyak blogger yang terobsesi ingin mendapatkan ranking di Google, tapi merek kurang peduli dengan SERPs.

membangun traffik serpsAda 2 hal yang perlu diperhatikan yaitu:

  1. Judul : ubahkah jika judul artikel atau postingan Anda kurang sesuai dengan informasi atau keyword yang mungkin dicari di search engine.
  2. Deskripsi : Anda harus selalu menulis meta deskripsi artikel agar orang lain bisa dengan jelas mengerti apa yang dibahas di artikel tersebut.

Buat konten evergreen

Pastikan sebagian besar konten Anda adalah konten evergreen. Apa itu konten evergreen (selalu hijau?), konten evergreen adalah jenis konten yang dapat dinikmati dalam waktu cukup lama dan isinya masih tetap relevan untuk beberapa tahun.

Sebagai contoh, artikel “cara membeli tiket SEA Games 2018” akan basi dalam beberapa waktu kedepan karena artikel ini tentu tidak relevan setelah SEA Games berakhir, ataupun jika ada SEA Games tahun selanjutnya berlangsung tentu pembelian tiketnya sudah berbeda lagi, bisa dikatakan konten ini hanyalah konten musiman.

Berbeda dengan artikel misal “Cara Membangun Blog Dengan WordPress” tentu akan bertahan dan tetap relevan untuk beberapa tahun kedepan. Karena pada dasarnya membuat blog WordPress akan sama secara umum dari tahun ke tahun.

Split headline

Sebagai blogger, usahakan untuk selalu memastikan bahwa headline anda cukup menarik perhatian. Headline lah yang awalnya menggiring pengunjung untuk berkunjung membaca artikel kita.

Beberapa orang berpendapat headline lebih penting dibanding isi konten aslinya. Jika Anda memiliki konten bagus namun tertutupi dengan headline yang jelek dan sangat tidak menarik, tinggal menunggu waktu saja konten anda akan mati dalam waktu cepat.

Jangan takut untuk berkreasi dengan headline. Bagikan konten dengan headline berbeda, dan cari tahu headline mana yang paling sukses. Postingan artikel yang sama bisa mati dan tidak terbaca atau bisa menjadi viral hanya karena headline semata.

Buatlah newsletter artikel

Bagian besar dari strategi konten adalah promosi. Salah satu cara meningkatkan trafik blog adalah dengan mengumpulkan email melalui blog newsletter. Setelah memiliki kontak email mereka, Anda dapat mengirim artikel terbaik anda misal seminggu sekali atau dua minggu sekali, cara efektif untuk mengembalikan pengunjung lama ke blog Anda.

 

2. Keyword dan SEO

Sudah tidak bisa dipungkiri, jika membangun trafik organik dengan pengunjung yang besar maka keyword dan SEO sudah menjadi kebutuhan mutlak dan menjadi bagian dari strategi konten.

Mengapa long-tail keyword penting?

Long-tail keyword adalah phrase pencarian yang memiliki 3+ kata kunci (keyword). Lebih mudah untuk menarget long-tail keyword karena persaingain lebih rendah dibanding keyword biasa.

Ambil contoh jika Anda menarget keyword “Makanan Sehat” tentu persaingan dengan blog lain akan sangat besar dan jelas akan sangat susah untuk bisa terindeks di halaman pertama Google. Tapi jika anda menargetkan keyword “Makanan Sehat Untuk Balita” tentu peluang anda lebih besar karena persaingan nya semakin kecil dibanding keyword utama sebelumnya.

Mencari long-tail keyword

Bagaimana cara menemukan long-tail keyword? Mulailah dari membuka halaman pencarian Google, ketikan kata kunci dasarnya, misal makanan sehat, Google akan otomatis menyarankan phrase pencarian.

membangun trafik dengan long tail keywordDaftar diatas sebenarnya sudah cukup memberi anda ide tentang long-tail keyword. Cari yang hasil pencariannya masih sedikit, disana ada peluang untuk Anda mendominasi ranking dengan keyword tersebut.

3. Teknik SEO

Seperti yang kita ketahui SEO atau Search Engine Optimisation memiliki peran penting dalam keberhasilan sebuah blog untuk menang melawan kompetitor. SEO dan keyword bisa dikatakan saling berkaitan. Berikut beberapa teknik SEO yang dapat Anda gunakan untuk membangun trafik organik blog.

SEO Audit website Anda

SEO audit dapat digunakan untuk memantau blog dan mengidentifikasi semisal apa penyebab blog tidak mendapatkan pengunjung. Dengan melakukan audit diharapkan Anda dapat menemukan dan mengatasi masalah blog dan juga menentukan sasaran apa yang akan dicapai berikutnya.

Penelitian dari HubSpot mengindikasikan bawha sekitar 43% pembaca blog hanya membaca isi konten secara sepintas dan tidak membaca keseluruhan isi blog. Karenanya buatlah konten artikel anda mudah untuk dibaca dan ingat hilangkan “block text” dan jangan lupa headline yang memancing.

Apa yang pengunjung website Anda inginkan

Strategi konten sederhana namun sering dilupakan oleh banyak blogger. Anda perlu fokus dengan apa yang pengunjung blog inginkan, berikan apa yang mereka butuhkan dan merakapun akan menjadi milik Anda.

Berikut beberapa cara untuk mengetahui apa yang mungkin pembaca blog inginkan.

  • Gunakan website seperti Quora dan UberSuggest.
  • Manfaatkan Google Analytics untuk melihat halaman mana yang paling populer di website Anda.
  • Lihat post mana yang memiliki shares paling tinggi.
  • Baca komentar yang ditinggalkan pengunjung di blog post Anda.

Teknik internal deep linking untuk SEO

Deep linking adalah teknik yang menggunakan anchor text untuk menghubungkan halaman tersebut ke halaman lain di website atau blog Anda. Teknik ini memberi tahu Google seberapa dalam halaman-halaman yang ada di blog Anda dan teknik ini juga mendorong Google untuk mengindeks halaman-halaman di Blog Anda.

Deep linking juga dapat membantu Anda untuk meningkatkan page authority.

Link juice ke halaman dengan ranking rendah

Link juice adalah outbound link dari blog dengan authority tinggi ke konten Anda. Karena link ini datang dari website atau blog dengan authority tinggi, orang-orang akan lebih percaya dengan konten blog anda. Ini juga membantu Google untuk menidentifikasi bahwa blog anda berkualitas tinggi.

Beberapa cara yang bisa dilakukan diantaranya dengan memperbarui postingan, melakukan share post yang sudah diperbarui tersebut di social media dan juga link-kan post lama ke postingan baru Anda selama masih relevan.

Outbound Link Domain Authority tinggi

Dengan memasukan tautan ke website atau blog eksternal (outbound link) yang memiliki authority tinggi dalam post juga dapat membantu Google untuk mempercayai blog Anda.

Optimasi konten untuk Google RankBrain

Google RankBrain adalah algoritma machine learning (AI atau kecerdasan buatan) yang digunakan Google untuk mengurutkan hasil pencarian. Juga membantu Google untuk memproses dan memahami kata pencarian. Jika Anda tertarik, berikut artikel tentang Panduan Google RankBrain.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah keyword stuffing. Jangan sampai mengulang-ulang keyword dan kalimat yang memiliki relasi dengan kata kunci utama, alih-alih ingin meningkatkan ranking di keyword tersebut, malah bisa jadi hal tersebut bisa menurunkan ranking keyword Anda.

 

Selanjutnya?

Setelah Anda mengetahu cara membangun profitable blog Anda sendiri, anda juga perlu tahu

Komentar ditutup.

PRO BLOGGING ULTIMATE GUIDE

Panduan Menjadi Blogger Profesional
DOWNLOAD GRATIS
Close
Maksimalkan blog untuk mencapai kebebasan finansial.
Mohon isi data, kami akan kirim eBook ke email Anda.
close-link

Gabung Komunitas Indoincome Sekarang!

close-link

Panduan Lengkap
Blogger Profesional

Segera download eBook Premium ini sebelum quota gratis habis.
1. Bagaimana membuat professional blog
2. Bagaimana menulis konten evergreen
3. Mengenal SEO dan strategi SEO
4. List tools blogging freemium
5. Checklist membuat SEO artikel
Dan banyak lainnya...
close-link

close-link
Tweet
Share
+1
Share
Pin1
1 Shares