Bagaimana Cara Menghasilkan Uang (Monetisasi) dari Blog

monetisasi blog passive incomeMonetisasi blog menjadi hal yang menarik untuk dibicarakan ketika kita mengingat kita butuh penghasilan tiap bulannya. Jika anda bertanya bagaimana cara menghasilkan uang dari blog, kita akan bahas di halaman ini.

Monetisasi berbanding lurus dengan jumlah trafik, berikut cara membangun trafik organik blog.

Setelah kita memiliki motivasi untuk menjadi blogger, berhasil membangun blog yang baik, juga sudah cukup mendatangkan trafik/pembaca ke blog kita, maka kita pun akan mudah untuk monetisasi blog kita.

Selama anda bisa membuat konten yang menarik yang bisa membuat pengunjung konsiten untuk membaca, tidak ada alasan anda tidak bisa menghasilkan uang dari blog.

Banyak Cara Monetisasi Blog

Sebelum anda fokus untuk monetisasi blog, sebaiknya anda fokus dulu untuk membangun trafik.

Berapa jumlah trafik minimal untuk memulainya?  Sebenarnya tidak ada ketentuan khusus berapa pengunjung yang harus anda datangkan setiap bulannya, namun beberapa ahli menyarankan setidaknya 5000 pengunjung  setiap bulannya sebelum anda terus berpikir tentang uang dan penghasilan. Dan sebenarnya jumlah tersebut adalah minimal.

Namun anda tidak usah kawatir, selama ada pengunjung ke blog anda, selelu ada kesempatan anda untuk berpenghasilan. Jika anda belum memiliki trafik, cobalah untuk fokus dulu membangun trafik.

Kembali lagi ke bahasan awal, ada banyak cara untuk menghasilkan uang dari blog, namun kita akan membahas 5 cara yang paling berpeluang untuk berhasil.

Affiliate Marketing

Affiliate marketing menjadi pilihan pertama karena pada dasarnya metode inilah yang paing mudah untuk diterapkan.

Tapi sebelumnya, apa itu affiliate marketing?

Sederhananya, affiliate marketing adalah proses mempromosikan produk seseorang dengan imbalan komisi jika barang  atau produk tersebut ada yang membelinya.

Sebagai contoh, link affiliasi terlihat seperti berikut :

http://contohproduk.com/affid=1234

Link diatas sebenarnya adalah link biasa, dengan diakhiri dengan affid=1234 biasanya itu adalah tracker yang mengindikasian 1234 (dalam kasus ini 1234 bisa jadi username anda) dan menjadi penanda bahwa penjualan tersebut adalah hasil anda dan nantinya komisi tersebut adalah milik anda.

Perlu diketahui, bahwa mereka yang membeli dari affiliasi atau langsung beli ke pemilik produk memiliki harga sama, jadi komisi yang affiliasi dapat bukan lah uang dari pembeli. Jadi jangan takut, harga barang affiiliasi tidak ditambah biaya komisi.

Berikut adalah 3 aturan utama jika anda ingin monetisasi blog dengan cara affiliasi marketing

  1. Hanya promosikan produk yang anda gunakan sendiri, percayai, dan tahu kalau itu bermanfaat
  2. Hanya promosikan produk yang anda tidak akan malu untuk merekomendasikannya ke orang lain
  3. Hanya promosikan produk yang orang lain bisa nikmati atau bisa dapat manfaat dari produk tersebut

Ekpektasi apa yang anda pikirkan dari affiliasi marketing?

Affiliasi marketing bisa menjadi sumber penghasilan besar ketika kita membahas cara memulai blog dan monetasi blog, tapi hal tersebut juga dipengaruhi oeh dua hal yaitu:

  1. Jumlah trafik blog anda
  2. Seberapa responsive audien anda dan atau seberapa efektif anda saat mempromosikan produk tersebut

Seiring waktu, pengunjung blog anda akan bertambah jadi jangan terlalu pikirkan hal diatas tadi. Pada dasarnya semakin cepat anda mencoba, semakin cepat pula anda mendapatkan hasilnya.

Yang menarik dari affiliasi marketing adalah anda tidak harus pusing dengan pengiriman produk, customer service dan lain sebagainya. Anda jual, laku, dapat komisi dan bebas dari segala tanggung jawab. Anda bisa mempromosikannya ke siapapun, berapapaun dan anda siap dapat penghasilan.

Namun demikian, ada juga sisi sulit dari affiliasi marketing yaitu mengarahkan pengunjung untuk membeli, bukan hanya sekedar mengarahkan pembaca untuk elihat sebuah iklan. Itulah kenapa konten bagus yang memiliki konversi sangatlah penting. Konten bagus menjadi tulang punggung dari setiap affiliasi marketer yang sukses di luar sana.

Kesalahan yang sering blogger lakukan dengan affiliasi marketing yaitu mereka terlalu fokus bekerja untuk pengiklan dibanding fokus ke pembaca / pengunjung blog anda.

Fokus ke pengunjung / pembaca blog adalah cara terbaik untuk membangun kepercayaan dan nantinya anda bisa dengan mudah merekomendasikan produk ke mereka.

Yang perlu anda lakukan jika ingin sukses dalam strategi affiliasi marketing diantaranya luangkaan waktu untuk research, buat konten edukasi yang menarik, bangun kepercayaan, dan seperti yang sudah saya sebutkan diatas, hanya rekomendasikan prdouk affiliasi yang masuk akal dan memberikan manfaat kepada calon pelanggan anda (pembaca blog). Begitulah caranya, tidak ada jalan singkat jika anda inginkan kesuksesan jangka panjang.

Affiliasi biasanya identik dengan mini sites, yaitu sebuah blog /web sederhanakyang focus ke sebuah produk dan tujuan akhirnya adalah mengarahkan pengunjung atau pembaca untuk melakukan order. Berikut beberapa bahasan mengenai situs niche.

Menjadi Freelance Blogger

Jika anda ingin belajar lebih, coba baca studi kasus Elna Cain dimana dia menggunakan blog nya untuk menjadi blogger freelance, atau Linda Formichelli yang membuat sekitar $250 dollar per jam dari blog nya sendiri.

Kembali saya katakan, banyak cara untuk mmengasilkan uang dari bloging. Freelance blogging menjadi salah satu yang perlu saya sampaikan kepada anda disini. Dimana kita bisa saja menghasilkan uang dengan banyak pendekatan, ada kemungkinan juga anda menghabiskan waktu dan tenaga untuk membuat website atau blog yang tidak pernah menghasilkan. Sebagai freelance blogger anda akan mendapatkan bayaran untuk setiap kerja anda tanpa harus menunggu berbulan-bulan dari blog yang mungkin bisa sukses nantinya.

Lebih lengkap mengenai menghasilkan uang sebagai blogger freelancer.

Beberapa hal menarik tentang memulai blogger freelance

Pembayaran cepat. Anda tidak harus menunggu punya blog sukses dulu untuk menghasilkan uang. Sembari anda membangun blog, anda bisa melakukan sambilan dibayar untuk menulis artikel di blog atau website lain.

Fleksibilitas. Anda bisa mengerjakan tulisan anda kapanpun, siang malam, dan anda juga bisa kapan saja mau menerima tawaran atau menolak tawaran untuk menulis, karena pada dasarnya memang ini adalah sebuah kerjaan sampingan.

Bagus untuk jaringan. Yang menarik jika anda menjadi penulis di sebuah blog lain, anda berkesempatan untuk menjalin relasi dengan blogger atau editor yang berpengaruh atau sudah terkenal. Jaringan atau networking menjadi aspek kritikal bagi kesuksesan seorang blogger.

Membangun nama anda. Jika anda pernah atau memiliki beberapa konten yang terpublis di blog ternama missal hipwee, detik, tribunnews, forbes, techinasia atau lainnya tentu nama anda akan dikenal, dan hal tersebut dapat membuat nama anda menjadi lebih bernilai.

Jika anda terkenal di bidang yang anda sering tulis, anda bisa menjadi figure yang memiliki otoritas , dan hal tersebut bisa membuka banyak peluang kedepannya, terutama jika berbicar dengan niche atau bidang yang sering anda ulas.

Meningkatkan ketrampilan. Sembari anda dibayar untuk menulis, adan bisa sekaligus meningkatkan skill atau kemampuan menulis anda. Tidak menutup kemungkinan nantinya blog yang anda miliki dikemudian hari malah lebih sukses daripada blong orang lain yang sedang anda garap kontennya. Sudahkan anda punya blog, berikut cara membangun blog.

Sponsorship dan Iklan

Mendapat seseorang untuk mensponsori blog anda bisa menjadi sumber pendapatan yang besar. Walaupun untuk mendapatkan sponsorship anda butuh pengunjung yang sangat besar. Tapi seiring berjalan waktu anda bisa terus meningkatkan authority dari blog anda, dan tawaran sponsorship bukan hal yang tidak mungkin nantinya.

Jika jalan ini yang ingin anda ambil, berikut ada artikel untuk mengetahui bagaimana cara mendapatkan sponsor untuk blog.

Langkah mudah lainnya adalah dengan advertising atau periklanan. Memasang iklan di blog adalah cara paling mudah dan paling banyak digunakan oleh bloger dimana saja, yang dibutuhkan hanyalah adanya pengunjung ke blog tersebut.

Jika anda tertarik dengan mdel ini, anda bisa mendaftar ke Google Adsense dan mulai memasang ads di blog anda segera mungkin. Pendapatan yang didapat dari iklan sebanding dengan jumlah pengunjung yang membaca konten blog anda, dan pendapatan tidak akan begitu terasa jika trafik blog anda masih sedikit.

Saran bagi anda yang baru memulai blogging, lupakan lah ads atau periklanan. Hanya pertimbangkan untuk memasang ads jika pengunjung blog anda sudah mencapai ratusan atau minimal 1000 pengunjung per hari.

Memang tidak ada salahnya memasang iklan sesegera mungkin di blog anda, tapi efek sampingnya adalah iklan tersebut akan mengganggu isi konten atau malah bisa berdampak negative yaitu pengunjung jadi malas dan lebih memilih menutup blog anda. Anda mungkin pernah melihat isi blog yang isinya tidak tidak terlalu bagus malah hanya berisi iklan-iklan tidak penting yang mengganggu.

Sekali lagi, pertimbangkanlah hanya memasang iklan di blog atau website yang sudah cukup banyak pengunjungnya.

Membuat Kursus Online

Kursus online menjadi hangat di jaman popular seperti sekarang. Jika anda ingin memulai blog dan memnghasilkan uang, ini adalah cara efektif untuk dilakukan.

  • Jika blog anda terntang memasak? Bukalah kursus masak
  • Jika blog anda tentang sepeda? Kenapa tidak coba buat kursus reparasi sepeda
  • Atau jika blog anda berisi tentang programing, anda bisa buka kursus pemrograman online

Untuk contoh nyata, Venu Sanz memulai blog tentang memasak vegan, dan sekarang dia membuat blg nya sebagai penghasilan utama (full-time income) dan cukup untuk mempekerjakan yang lain untuk mengurus kursus online untuk para vegan.

Anda tertarik untuk membuka kursus online? Cek artikel tentang panduan membuat kursus online dan membuat web membership dengan WordPress, dimana nantinya anda bisa memasang kursus anda di web tersebut.

Kursus sangat mengena ketika membahas ketrampilan teknikal seperti pembuatan website, digital marketing, desain grafik dan seterusnya. Tapi topik lain seperti finansial, akunting, forex trading, investasi juga masih ada peminatnya.

Temukan apa yang paling anda kuasai, dan pahami benar kursus macam apa yang ingin anda buat nantinya. Kemudian, buatlah karya anda dimana bisa memberi nilai dan bukti nyata setelah orang mengambil kursus dari anda.

Menjual Produk Digital

Seperti halnya kursus, menulis dan menjual buku (atau ebook) adalah cara bagus jika kita membicarakan bagaimana monetisasi blog. Tentu saja proses ini membutuhkan waktu yang cukup lama dan juga anda butuh pengunjung sebagai calon pembeli. Jika bicara rencana jangka panjang, menjual produk digital menjadi pilihan bagus untuk monetasi blog dari pengunjung anda dan sekaligus membantu anda membagun sebuag autoritas.

Yang membuat ini susah tentu saja… anda benar-benar membuat sebuah buku. Buku yang baik adalah buku yang konten atau isinya belum pernah dibahas sebelumnya, atau sesuatu yang bisa meyakinkan pembaca akan sesuatu hal.

Cara kedua diatas bisa anda lakukan dengan menggabungkan konten blog anda dan membuatnya menjadi sebuah bulu. Mungkin adan pernah mendengar tokoh Raditya Dika, yang dulunya bukan siapa-siapa yang menulis cerita kambing jantannya di blog dan sekarang sudah menjadi siapa-siapa dan menjadi penulis bahkan sutradara filem yang cukup terkenal.

Atau ontoh lain, Darren Rowse pemilik Probloger dan bukunya berjudul “31 Days to Build a Better Blog”, yang merupakana kompi kompilasi dari artikel blog series nya yang dia buat di blog miliknya.

Jika anda tertarik dengan cara ini, berikut ada cara untuk membuat konten blog menjadi sebuah buku.

Buku tidaklah harus menjadi sasaran akhir anda. Misalnya begini, anda bisa memanfaatkan buku tersebut sebagai pancingan pembaca untuk lebih yakin bahwa mereka bisa mendapat nilai lebih jika mereka mengikuti kursus yang ditawarkan di dalam buku tersebut. Metode ini cocok jika anda juga memiliki kursus online anda sendiri.

Bahkan jika anda tahu, sebuah blog bisa anda manfaatkan untuk menjual barang-barang tertentu. Anda bisa mengulas tentang barang-barang tersebut dan menjual nya di blog anda, atau bisa diartikan blog anda sebagai web e-commerce. Berikut artikel untuk anda yang tertarik membuat toko online dari WordPress.

Produk digital bisa anda buat semisal kombbinasi atau kumpulan video, panduan yang bisa didownload, PDF (ebook), aplikasi atau lainnya.

Komentar ditutup.

PRO BLOGGING ULTIMATE GUIDE

Panduan Menjadi Blogger Profesional
DOWNLOAD GRATIS
Close
Maksimalkan blog untuk mencapai kebebasan finansial.
Mohon isi data, kami akan kirim eBook ke email Anda.
close-link

Gabung Komunitas Indoincome Sekarang!

close-link

Panduan Lengkap
Blogger Profesional

Segera download eBook Premium ini sebelum quota gratis habis.
1. Bagaimana membuat professional blog
2. Bagaimana menulis konten evergreen
3. Mengenal SEO dan strategi SEO
4. List tools blogging freemium
5. Checklist membuat SEO artikel
Dan banyak lainnya...
close-link

close-link
Tweet
Share
+1
Share
Pin1
1 Shares