11 Manfaat Dan Pentingnya Toko Online Untuk Bisnis Anda

Membuat toko online untuk bisnis kecil memiliki arti lebih dari sekedar mempunyai website sederhana yang memajang alamat dan nomor yang bisa dihubungi loh. Toko online akan menjadi versi virtual dari bisnis kamu, dengan website yang informatif dan dilengkapi dengan akun media sosial.

Sekarang ini, orang lebih banyak mencari produk atau jasa yang mereka butuhkan secara online. Mengabaikan platform marketing potensial ini sama saja dengan menolak peluang mendapatkan pelanggan baru.

Alasan Pentingnya Toko Online Untuk Bisnis

Mulai dari bisnis kecil hingga perusahan besar akan mendapatkan banyak manfaat dari memiliki situs e-Commerce sendiri. Selain menjual produk fisik, e-Commerce juga bisa digunakan untuk menjual produk digital, layanan konsultasi, dan jasa lainnya, sehingga akan menjadi solusi yang fleksibel untuk bisnis apapun. Jadi bagaimana sebenarnya toko online bisa memberikan keuntungan bagi bisnis kecil kamu?

1. Mudah Diakses

Internet tidak pernah tidur, dan dengan toko online kamu jadi memiliki showroom virtual yang buka 24 jam. Dengan begitu, calon pembeli potensial bisa mengetahui lebih banyak tentang barang atau jasa yang kamu tawarkan diluar jam kerja, tanpa harus keluar rumah. Kalau kamu menjual barang, ini artinya customer bisa melakukan order kapanpun selama 24 jam penuh.

2. Keamanan Lebih Terjamin

Anda tidak akan pernah mengetahui seberapa lama sebuah marketplace bisa bertahan. Ada beberapa kasus tutup nya sebuah marketplace secara tiba – tiba. Tentunya ini bisa kita jadikan pelajaran untuk selalu mempersiapkan kemungkinan terburuk dalam sebuah bisnis. Tutupnya sebuah marketplace pasti sangat merugikan bagi para pengelola toko online yang ada di dalamnya.

Sudah menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk membangun etalase, namun tiba – tiba tutup. Dalam kasus seperti ini tentu memiliki sebuah website toko online sendiri jauh lebih aman karena yang menentukan adalah Anda sendiri.

3. Membangun Brand Dan Profesionalitas

Pada intinya, membangun brand artinya adalah membangun kepercayaan customer potensial terhadap bisnis kamu. Hadir secara online bukan hanya mempermudah pelanggan mengakses produk atau jasa yang kamu tawarkan, tapi juga membuat mereka bisa melihat reputasi bisnis kamu.

Review online, interaksi dengan customer lain, serta frekuensi dan kualitas post kamu akan membantu untuk membentuk kesan positif bagi bisnis kamu di mata calon pembeli potensial sebelum mereka melakukan pembelian.

Anda tidak akan bisa mengangkat brand produk, jika masih numpang di marketplace gratis yang banyak beredar di luar sana.

4. Jangkauan yang Lebih Luas

Internet mencakup area yang jauh lebih luas daripada toko atau kantor biasa, yang biasanya hanya melingkupi area seluas beberapa kilometer. Kehadiran toko online kamu bisa dilihat oleh siapapun dan darimanapun.

Tergantung dari industri dan produk yang ditawarkan, hal ini bisa membuka peluang untuk menjaring basis pelanggan yang lebih luas dibandingkan dengan interaksi langsung.

5. Lebih Efisien dan Efektif Mengelola Produk

Anda bisa mengatur sendiri produk Anda tanpa ada yang ikut campur. Anda bisa memaksimalkan fasilitas – fasilitas yang ditawarkan dalam sebuah website yang Anda bangun. Pangsa pasar Anda akan jauh lebih tertarget dan terarah pada produk Anda sendiri. Prinsip efisiensi dan efektifitas bisa Anda terapkan dalam website toko online Anda.

6. Review

Banyak orang yang melihat review sebagai pedang bermata dua saat menjalankan bisnis online, karena selalu ada kemungkinan akan ada yang memberikan review negatif. Tapi kalau kamu menjalankan bisnis secara jujur dan selalu memperlakukan pelanggan dengan baik, kejadian ini mungkin nyaris tidak akan terjadi, dan akan jauh terlampaui oleh review luar biasa yang diberikan oleh pelanggan yang merasa puas.

Calon pembeli potensial sering mengecek review sebuah perusahaan atau produk sebelum menggunakannya, jadi dorong pelanggan yang merasa puas untuk meninggalkan review di situs rating seperti Yelp atau Google Places.

7. Kontrol Penuh Terhadap Situs Toko Online

Jika Anda bergabung ke dalam marketplace, tentu banyak aturan yang harus Anda penuhi. Namun jika Anda memiliki website toko online sendiri, Anda lah yang mengatur semuanya. Mau memajang barang atau produk bebas kita sendiri yang menentukannya.

Bagaimana menampilkan produk, deskripsi maupun katalog dan harga, bebas bisa dilakukan karena ini adalah toko Anda sendiri. Dan hal ini tidak bisa kita dapatkan dari marketplace. Karena marketplace tentu tidak akan memberikan kebebasan dan keleluasaan yang lebih terhadap setiap etalase yang ada di dalamnya.

8. Laporan Keuangan Otomatis

Dengan memiliki website toko online sendiri, Anda tidak perlu berpikir untuk menyewa seorang akuntan. Karena perhitungan keuntungan bisa dilakukan oleh website toko online Anda sendiri. Sewaktu – waktu jika Anda ingin memeriksa laporan keuangan, itu bisa dilakukan bahkan hanya dengan satu klik saja. Fasilitas tersebut saat ini sudah satu paket dalam sebuah website toko online. Jadi bisa sangat praktis dan memudahkan Anda dalam melakukan cek keuangan secara rutin pada toko online Anda.

9. Penjualan dan Marketing yang Lebih Mudah

Fakta marketing menunjukkan kalau orang itu senang membeli tapi tidak suka kalau ditawarkan barang. Tulisan yang baik mengenai produk atau jasa yang kamu tawarkan di toko online akan membuat customer membeli dengan perasaan santai dan dengan informasi yang cukup, dibandingkan dengan merasa tertekan karena ditawari barang oleh salesman.

Mempromosikan bisnis kamu juga jadi lebih mudah, menjangkau lebih luas, dan akan lebih efektif dari segi biaya dibandingkan dengan marketing secara tradisional yang perlu biaya untuk mencetak brosur, spanduk, dan sebagainya.

Toko online memberikan bisnis kecil suatu kesempatan besar untuk menawarkan kenyamanan pembelian selama 24 jam penuh bagi customer. Strategi toko online yang melibatkan customer service yang baik serta akun media sosial yang aktif dan dinamis akan menghasilkan traffic dan tingkat penjualan yang lebih tinggi.

10. Bisa Menentukan Nama Domain Sendiri

Dalam sebuah website, nama domain adalah suatu yang sangat penting dan harus Anda perhitungkan dengan baik. Maka dari itu kebebasan dalam menentukan sebuah nama domain bisa menjadi kunci sukses Anda dalam berbisnis online.  Karena jika Anda berjualan di marketplace, alamat etalase Anda tentu akan selalu diikuti dengan marketplace yang Anda tempati.

Contoh nya adalah www.marketplace.com/TokoPilihan itu jika Anda berada dalam sebuah marketplace. Alamat tersebut tentu tidak berkesan profesional jika dibanding dengan www.TokoKeren.com. Alamat etalase Anda pada marketplace di atas hanya akan membuat etalase Anda berkesan amatiran, beda dengan alamat yang Anda miliki sendiri lewat domain pribadi.

11. Teroptimasi di Mesin Pencarian

Website teroptimasi oleh mesin pencarian seperti Google. Mengingat bahawa kebanyakan orang mencari produk di mesin google maka SEO pada sebuah website sangat dibutuhkan sedangkan media sosial Anda tidak akan muncul di sini. Memang perlu cara untuk bisa terdaftar di halaman utama mesin pencarian tapi jika Anda hanya mengandalkan media social, percayalah media social tidak termasuk dalam hal ini.

Kesimpulan

Setelah Anda mengetahui apa manfaat dan pentingnya memiliki toko online, yakin kamu gak ingin punya toko online sendiri. Kabar baiknya Anda pun bisa bikin sendiri toko online dengan mudah, atau pun buat toko online dengan harga murah.

Bagaimana menurut Anda, apa memiliki toko online sendiri memiliki manfaat lebih buat pemiliknya?

Source sirclo maxmanroe netsolmind

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Maksimalkan blog untuk mencapai kebebasan finansial.
Mohon isi data, kami akan kirim eBook ke email Anda.
close-link
0 Shares
Share
Tweet
Pin
Share