Cari Inspirasi dan Bangun Motivasi Memiliki Blog

motivasi inspirasi blogging - penghasilan tambahan Motivasi Inspirasi blogging mengajak anda untuk mengenal apa itu blog, blogging dan mengajak Anda untuk memulai atau membangun blog sedini mungkin dengan alasan yang nanti akan kita bahas di bawah. Mungkin kebanyakan orang menganggap, blog hanyalah catatan-catatan orang di internet, sebagai bentuk hobi menulis. Tapi blog tidak hanya sebatas itu.

Blog bisa lebih dari sekedar hobi. Blog meningkatkan eksistensi anda di dunia maya.Blog adalah sumber penghasilan.

Sedikit Tentang Blog

Blog berasal dari kata web-log, yaitu sebuah website yang isinya dinamis berisi biasanya artikel-arikel dan pengelolaannya mudah, menggunakan CMS (content management system) seperti blogspot, wordpress, joomla dan banyak lainnya. Memiliki blog memiliki manfaat lebih karena dengan blog anda bisa berbagi pengetahuan, ketampilan dan pengalaman yang anda miliki.

Ada dua macam blogger. Mereka yang memang sengaja membangun blog untuk sebatas sebagai sarana berbagi, atau bisa dibilang sebagai hobi. Dan yang kedua adalah blogger yang mendedikasikan diri dari awal membangun blog untuk menghasilkan uang, atau malah mungkin sebagai sumber utama penghasilan mereka.

Ada banyak sekali manfaat yang didapat dari sebuah blog dan/atau website pribadi, seperti:

  1. Anda dapat mengutarakan pemikiran dan ide Anda di dalam blog.
  2. Anda dapat menunjukkan hasil karya dan kreativitas di dalam blog.
  3. Anda juga dapat memiliki penghasilan pasif dari blog.
  4. Ke depan, para headhunter (orang yang mencari karyawan atau profesional) akan mencari profil Anda melalui website. Jika Anda tidak memiliki website atau blog, bagaimana profil Anda dapat ditemukan?

Anda siap membangun blog ?

Blog sebagai sumber penghasilan utama

Ini bukan sekedar asumsi atau teori, blog bisa menjadi sumber penghasilan yang tetap, bahkan jika diolah dengan baik dan sungguh-sungguh, blog bisa menjadi sumber enghasilan yang lebih besar disbanding gaji pns bahkan karyawan swasta yang bekerja di kantoran.

Lalu bagaimana cara menghasilkan uang dari blog? Seberapa besar potensi menjadi full time blogger? Dari mana keuntungan yang didapat blogger? Adakah panduan atau metode memiliki penghasilan tetap dari blog?

Semua pertanyaan itu akan terjawab, namun untuk menjelaskannya secara detail, tentu butuh banyak kata dan penjelasan-penjelasannya. Indoincome hadir sebagai wadah untuk berbagi dan mengajak semua orang termasuk anda untuk memiliki bloger dan bisa menghasilakn uang dari blog. Kami akan berusaha untuk terus berbagi ilmu kepada para pembaca dan juga mengajak anda untuk berbagi ilmu kepada bloger lain melalui group indoincome

Cara Menghasilkan Uang dari Blog?

Penghasilan, semua orang pasti butuh penghasilan untuk hidup, untuk apapun itu, termasuk untuk membahagiakan keluarga. Banyak cara untuk menghasilkan uang, salah satunya adalah bisnis online, dan blog adalah cara yang tepat untuk memulai bisnis, menawarkan jasa, dan banyak hal.

Seorang ahli di bidang managemen karir dan coach bernama Nancy Collamer menjelaskan bahwa blogging (bisnis blog) telah menjadi gaya hidup atau lifestyle yang sangat menguntungkan. Setiap orang bisa memulai blognya dengan modal yang tidak terlalu besar, dapat dikerjakan di rumah sekaligus menyalurkan hobi. Plus keuntungan tambahan yaitu Anda dapat menghasilkan uang dari blog.

Seberapa Besar Penghasilan Blogger?

Nancy pernah melakukan survey seberapa besar penghasilan seorang blogger. Pertanyaan utama yang diajukan adalah apakah Anda bisa hidup dengan menjadi blogger? Ya jawabannya mungkin saja. Menurut survey 2015 Womens Blogging Industry and Business Annual Report, didapatkan hasil:

  • Hanya 6% responden yang memiliki pendapatan lebih dari US$ 60.000 per tahun.
  • Sekitar 11% responden menghasilkan pendapatan lebih dari US$ 30.000 per tahun.
  • Sekitar 68% menghasilkan pendapatan kurang dari US$ 5.000 per tahun.
  • Sisanya menghasilkan pendapatan kurang dari US$ 2.500 per tahun.

Apakah Anda pernah mendengar blogger sukses di Amerika, bernama Pat Flynn? Sebelum menjadi pemiliki website SmartPassiveIncome, Pat bekerja sebagai seorang arsitek di Amerika. Pada saat tahun 2008, Pat terkena PHK (pemutusan hubungan kerja). Jika Anda masih ingat, pada tahun 2008 terjadi krisis ekonomi di Amerika (subprime mortgage).

Dari situ Pat, mulai terpikir ide untuk memulai bisnis online yaitu blog. Singkat cerita, Pat memulai bisnisnya dan sekarang ini Pat berhasil mengantongi penghasilan mencapai lebih dari 100.000 USD setiap bulannya (kurang lebih sekitar Rp1,3 miliar – Rp1,5 miliar setiap bulannya).

Seperti yang dijelaskan di atas, menjadi blogger adalah salah satu cara untuk meningkatkan pendapatan. Banyak blogger yang menghasilkan keuntungan dari iklan (advertisement). Agar Anda dapat menghasilkan uang dari blog, Anda memerlukan jumlah pengunjung yang banyak. Jika Anda memiliki blog, Anda harus memikirkan bagaimana cara meningkatkan jumlah pengunjung blog Anda dan meningkatkan jumlah subscriber blog.

Sekilas mengenai membangun traffic blog.

Jika saat ini Anda masih bekerja di perusahaan, jangan tinggalkan sumber pendapatan utama Anda. Mulailah dengan menjadi part-time blogger, karena bisnis blog tidaklah semudah yang dibayangkan. Anda memerlukan waktu untuk membuat blog Anda ramai dikunjungi pembaca. Bisnis blog memerlukan konsistensi yang tinggi, Setidaknya minimal 2-3 artikel setiap minggunya.

Pengasilan Blogger Sukses

Merintis karier sebagai seorang blogger bukanlah perkara yang sulit, namun tidak bisa pula dikatakan mudah. Maka dari itu, kunci sukses yang harus dimiliki seorag blogger yakni kesabaran dan ketekunan. Seorang blogger haruslah sabar atau nikmati saja alur kesuksesan dalam mengelola blog tersebut, sedangkan anda juga harus konsisten terhadap apa yang dilakukan.

Berikut cara monetisasi blog.

Berikut kami sampaikan beberapa blog yang sudah sukses dan terbukti memiliki penghasilan utama dari aktifitas bloging.

  • Techcrunch.com

Blog ini didirikan pada tahun 2005 oleh seorang pria berkebangsaan Amerika bernama Michael Arrington. Topik yang digunakan membahas seputaran berita dan perkembangan startup di Sillicon Valey. Penghasilan yang didapatkan oleh blog ini sendiri berasal dari pemasangan iklan mandiri, bahkan dengar-dengar blog ini bisa menghasilkan kurang lebih 5 Miliar rupiah perbulannya.

  • Huffingtonpost .com

Huffingtonpost merupakan blog yang didirikan oleh seorang wanita bernama Ariana Stanssinopoulos Huffington. Sedangkan nama Huffington sendiri berasal dari nama suaminya yang bernama Michael Huffington. Sepertinya nama suaminya ini benar-benar membawa keberuntungan, karena blog yang didirikan oleh nyonya Ariana ini mampu menghasilkan uang setara 8 Miliar rupiah perbulannya. Penghasilan ini diperolehnya dari program Pay Per Clik (PPC) yang sangat dipengaruhi juga dengan banyaknya pengunjung yang didapatkan perharinya.

  • Mashable .com

Mashable ini merupakan blog yang didirikan oleh seorang berkewarganegaraan Inggris bernama Pete Cashmore. Dengar-dengar dia mendirikan blog ini pada saat usianya masih 19 tahun, dan kini pada saat usianya sudah sekitar 30tahun dia mampu menghasilkan uang lebih dari 4Miliar rupiah perbulannya. Sumber pendapatannya sendiri berasal dari program Pay Per Click (PPC) seperti Google Adsense.

  • Engadet.com

Blog ini didirakan oleh seorang pria bernama Peter Rojas pada tahun 2004. Yah, meskipun kini dia tidak lagi terlibat dalam pengelolaan harian blog ini, namun dia tetap dikatakan sebagai Founder dari blog ini. Sumber penghasilan blog ini didapatkan dari menyediakan iklan mandiri, bahkan dari iklan mandiri tersebut blog ini mampu menghasilkan uang sebesar 2 Miliar rupiah perbulannya.

  • Smashingmagazine.com

Vitaly Friedman merupakan pendiri blog dengan penghasilan terbesar ini. Belau merupakan seorang web desigener yang lahir di Belarus dan berkebangsaan Jerman. Beliau mendirikan blog ini bersama temannya yang bernama Sven Lennartz pada tahun 2006. Topik yang ditajuk untuk blog yang dikelolanya ini ialah seputar Web Desain dan Development, blog ini berhasil mendapatkan penghasilan yang sangat besar dari Iklan mandiri yang mampu menembus angka 1 Miliar perbulannya

  • Tutsplus.com

Collis Taeed, seorang berkewarganegaraan Australia yang mendirikan dan sekaligus juga sebagai web desaigner  dari Tust+ dan CEO Envanto, yang merupakan jaringan blog dengan puluhan bahkan jutaan blog lainnya. Saat ini Tust+ dan Envanto merupakan blog yang menyediakan tips dan tutorial berbayar dengan anggota sangat banyak. Penghasilan yang didapatkan dari blog ini mampu menembus angka 1 Miliar rupiah, dengan membership fee sebagai sumber penghasilannya.

  • Lifehacker.com

Blog yang mengusung tips dan trik bekerja dengan cara yang efektif  ini pertamakali didirikan oleh Gina Trapani pada tahun 2005. Seperti blog sukses yang lain, blog ini juga didirikan di Amerika Serikat. Namun, menurut kabar yang saya baca Gina Trapani yang merupakan pendiri blog ini sudah tidak terlibat secara langsung lagi dalam mengelola blog Lifehacker ini, meskipun begitu Gina Trapani masih menjabat sebagai Founder untuk blog tersebut. Penghasilan blog ini sangat besar, yakni menembus angka 2 Miliar rupiah perbulannya, dn Iklan mandiri sepertinya yang paling berpengaruh dalam kesuksesan blog tersebut.

  • Perezhilton.com

Mario Armando Lavandeira, merupakan seorang blogger berkewarganegaraan Amerika serikat yang lahir pada tahun 1978. Mario mendirikan PerezHilton dengan mengangkat topik seputaran dunia selebritas dan berita-berita lainnya. Sampai saat ini Mario masih aktif dalam pengelolaan blog PerezHilton, dia juga telah mendirikan label musik bernama Perezious Music, dan menghasilkan uang sangat besar dari Iklan mandiri yang disediakan pada blognya.

  • Gizmodo.com

Gizmodo.com merupakan blog yang didirikan oleh seorang berkewarganegaraan Inggris bernama Nick Denton. Beliau merupakan blogger sekaligus wartawan yang lahir pada tahun 1966. Sampai saat ini Nick masih terlibat langsung dalam pengelolaan blog Gizmodo ini. Nick mampu menghasilkan uang sampai dengan 1 Miliar perbulannya dari Iklan mandiri yang dipasangkan pada blog Gizmodo.com.

  • Problogger.net

Darren Rowse adalah pria kelahiran Melburne, Australia 1972. Dia merupakan pemilik dari Problogger.net yang didirikan pada tahun 2002. Dengan mengangkat tips seputaran blogging, Darren akhirnya mampu menuai kesuksesan yang diawalinya dengan keisengan. Selain itu, nama Problogger mungkin sangat berpengaruh dalam membuat blognya menjadi sangat PRO seperti sekarang ini. Penghasilan yang didapatkan oleh situs Problogger sendiri mampu menembus angka 1 Miliar rupiah dengan Iklan mandiri sebagai sumber penghasilannya.

Info lebih lanjut tentang pendapatan tambahan 25 blogger terbesar.

Bloger Inspirasi dari Indonesia

Mungkin cukup untuk membicarakan bloger asala luar negeri, mari kita bahas bebrapa bloger sukses yang ada di tanah air.

  • Sandi Prayoga, Blogger Lampung

Sandi Prayoga juga telah menjadi salah satu blogger Indonesia paling sukses dengan gaji per bulan yang fantastis dari blog adsense, youtube, serta aplikasi androidnya.

Blogger Lampung sukses yang satu ini memiliki penghasilan utama dari Google Adsense, selain Proppellar Ads dan Ads Network lainnya.

Berikut ini Penghasilan Blogger Lampung Sandi Prayoga dari Salah Satu Akun Google Adsensenya:

Penghasilan Blogger Indonesia asal Lampung ini di bulan November 2017 sebesar $4.180 atau kalau dirupiahkan dengan tarif $1=Rp13.300, gaji Mas Sandi Prayoga per bulan sebesar Rp55.594.000,-.

  • Mas dian Tegal (Dian Umbara)

Dian mengawali karier sebagai publisher Google Adsense pertengahan tahun 2013 dengan status karyawan disalah satu perusahaan dijakarta. Mulai serius menekuni Google Adsense awal 2014 masih berstatus karyawan, namun setahun menjalankan Google Adsense Mas Dian memutuskan resign dari pekerjaannya sekitar desember 2014. Sempat ditentang oleh keluarga.

Namun Mas Dian dengan keyakinan dan harapan yang besar untuk menjadi publisher Sukses dari Google Adsense terbukti, tanggal 25 januari 2015 menghebohkan media sosia, Bagaimana tidak Mas Dian mengupload gambar yang bisa membuat anda bangun dari tempat duduk, uang pecahan 100 ribu,50 ribu dengan ikatan yang tebal Hasil dari Google Adsense memenuhi mejakomputernya, seperti gambar dibawah.

Bukan uang palsu asli hasil dari Google Adsense diperkirakan sekitar 5 – 10 miliar hanya dalam waktu 1,5 tahun Mas Dian berhasil membukukan namanya sebagai publisher Sukses dan menginspirasi para publisher untuk menjadi bagian dari Kisah Sukses Google Adsense.

  • Eka Leksmana

Eka Lesmana, seorang Blogger dari Indonesia yang berhasil mencicipi kesuksesan dari Google Adsense. Hobinya adalah mengelola blog-blog berbahasa Inggris. Eka Lesmana memulai hobinya di tahun 2013, dia memutuskan untuk membuat 10 blog sekaligus. Dia berpikir jika 1 blog saja bisa menghasilkan 150 dollar, maka jika 10 blog bisa 10 kali lipatnya.

Tapi nyatanya, hal tersebut tidaklah efektif. Apalagi mengingat dia harus membuat 1 artikel perhari untuk masing-masing blognya. Pada tahun 2014, Eka Lesmana beralih ke cara yang lebih efektif yaitu dengan mengelola sedikit blog dengan postingan rutin dan berkualitas.

penghasilan tambahan

Dan alhasil, blognya menjadi terkenal dan penghasilan google adsensenya terus meningkat dari bulan ke bulan. Dari sinilah kehidupan Eka Lesmana berubah drastis 360 derajat. Yang dulunya tidak punya apa-apa, sekarang menjadi seorang jutawan dari google adsense.

Bagaimana tidak? Pada akhir tahun 2014 dia berhasil mendapatkan gaji minimal 5000 dollar selama 3 kali berturut turut, atau jika dirupiahkan misalnya $1000 saja itu kurang lebih Rp 13 juta. , kalau  $10.000 jadinya kisaran Rp. 130 juta..Wow!

Blog Berpenghasilan Terbesar di Indonesia

Data berikut berdasarkan hasil survei serta ulasan dari beberapa sumber lain. Setelah melakukan pengamatan beberapa waktu. Berikut daftar Blog dengan Pendapatan Tertinggi di Indonesia dari Google Adsense

  • www.maxmanroe.com

Perkiraan Pendapatan : 50 Juta per bulan
Author : Marixon Manurung
Visitor : 500.000 an pengunjung per hari
Topik : Seputar Bisnis

  • www.bibeh.com

Perkiraan Pendapatan : 30 Juta per bulan
Author : –
Visitor : 290.000 an pengunjung per hari
Topik : General blog (bisnis, kesehatan, tips blog dll)

  • www.caraseobali.com

Perkiraan Pendapatan : 25 Juta per bulan
Author : Abu Kholid
Visitor : 270.000 an pengunjung per hari
Topik : General blog (media sosial, bisnis, kesehatan, tips blog dll

  • www.terbarux.blogspot.com

Perkiraan Pendapatan : 20 Juta per bulan
Author : Adin Linda
Visitor : 210.000 an pengunjung per hari
Topik : General blog (media sosial, humor, tips blog dll)

  • o2netter.blogspot.com

Perkiraan Pendapatan : 15 Juta per bulan
Author : Rezky Nabil Anwari
Visitor : 120.000 an pengunjung per hari
Topik : General blog

  • faisal-fachrureza.blogspot.com

Perkiraan Pendapatan : 10 Juta per bulan
Author : Faizal Fachrureza
Perkiraan Visitor : 95.000 an pengunjung per hari
Topik : tutorial blogging

  • strukturkode.blogspot.com

Perkiraan Pendapatan : 8 Juta per bulan
Author : –
Perkiraan Visitor : 60.000 an pengunjung per hari
Topik : tutorial blogging

  • www.blogodolar.com

Perkiraan Pendapatan : 5 Juta per bulan
Author : Herman
Perkiraan Visitor : 40.000 an pengunjung per hari
Topik : tutorial blogging

  • blogguebo.com

Perkiraan Pendapatan : 3 Juta per bulan
Author : Medhy Aginta
Perkiraan Visitor : 27.000 an pengunjung per hari
Topik : bisnis online

  • www.indonews.co.id

Author    :    –
Pengunjung    :    40.000
Alexa Rank    :    445.336
Pendapatan    :    Rp 7 Juta

Mereka yang menjadi master di penghasilan online yang memiliki penghasilan ratusan juta entah mengapa merahasiakan alamat blog mereka. Mungkin anda tahu blog mana yang sukses meraup dollar dari internet? Bagikan informasi anda di komentar.

Selanjutnya?

Setelah Anda memiliki motivasi dan punya semangat untuk memiliki blog Anda sendiri, anda juga perlu tahu

Komentar ditutup.

PRO BLOGGING ULTIMATE GUIDE

Panduan Menjadi Blogger Profesional
DOWNLOAD GRATIS
Close
Maksimalkan blog untuk mencapai kebebasan finansial.
Mohon isi data, kami akan kirim eBook ke email Anda.
close-link

Gabung Komunitas Indoincome Sekarang!

close-link

Panduan Lengkap
Blogger Profesional

Segera download eBook Premium ini sebelum quota gratis habis.
1. Bagaimana membuat professional blog
2. Bagaimana menulis konten evergreen
3. Mengenal SEO dan strategi SEO
4. List tools blogging freemium
5. Checklist membuat SEO artikel
Dan banyak lainnya...
close-link

close-link
Tweet
Share
+1
Share
Pin1
1 Shares